-
SDH JemberSDH JEMBER 10 GEOGRAPHY TA24/25Resume0% complete0% completeShow More
-

Berikut merupakan rancangan rangkaian pembelajaran mengenai Pengantar Dasar Geografi. Selamat Belajar!
-
Students mustMark as done
COURSE DESCRIPTION:PENGANTAR DASAR GEOGRAFISebagai makhluk hidup yang tinggal di muka bumi, hidup kita banyak dipengaruhi oleh keadaan alam. Jadi, sudah selayaknya saya harus mengenali sifat dan gejala yang terjadi di permukaan bumi. Dalam pelajaran Pengantar Geografi ini kita akan menemukan konsep geografi dari berbagai sumber, bagaimana melihat fenomena alam dan masalah lingkungan dengan pendekatan dan prinsip geografi, mengelompokkan fenomena dalam beberapa aspek geografi.
ENDURING UNDERSTANING:Mensyukuri akal budi yang diberikan Allah kepada manusia untuk merekam segala ciptaan melalui setiap aplikasi yang ditemukan manusia. Kita hendaknya memanfaatkannya dengan baik dalam rencana pengelolaan bumi dan mempermudah aktivitas sehari-hari.
ESSENTIAL QUESTION:- Apa saja cakupan geosfer sebagai konsep geografi?
- Bagaimana tindakan yang seharusnya kita lakukan dalam meresponi penopangan Tuhan akan alam semesta.
LEARNING OBJECTIVES:3.1 Memahami pengetahuan dasar geografi dan terapannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.1 Menyajikan contoh penerapan pengetahuan dasar geografi pada kehidupan sehari-hari dalam bentuk tulisan
LIST OF LESSONS:
ASSESSMENTS:Formatif:- Lembar Kerja Siswa 1
- Lembar Kerja Siswa 2
Sumatif:
- Tes Tertulis
-
Students mustMark as done
Setelah kamu menonton video sebelumnya, cobalah untuk jawab pertanyaan berikut ini:
- Tuliskan kembali terbentuknya bumi berdasarkan teori Lempeng Tektonik !
Silakan mengirimkan jawaban kamu ke dalam folder diskusi berikut!
-
-
Students mustMark as done

PERKEMBANGAN ILMU GEOGRAFI, OBYEK STUDI, DAN ASPEK GEOGRAFI
Halo murid-murid terkasih....
Selamat datang dalam pembelajaran geografi. Pada kesempatan ini, kita akan membahas topik penting yaitu "Perkembangan Ilmu Geografi, Objek Studi, dan Aspek Geografi". Melalui pembelajaran ini, kita berharap untuk mencapai beberapa tujuan utama:
- Menjelaskan Pengertian Geografi: Memahami definisi dan konsep dasar geografi.
- Memahami Sejarah Perkembangan Ilmu Geografi: Mengenal perjalanan dan perkembangan ilmu geografi dari zaman kuno hingga modern.
- Menjelaskan Objek Studi Geografi: Mengetahui fokus utama dari studi geografi, termasuk fenomena alam dan aktivitas manusia.
- Menjelaskan Aspek Geografi: Memahami berbagai aspek geografi, baik fisik maupun sosial, serta bagaimana keduanya saling berinteraksi.
Semoga pembelajaran ini dapat memperkaya pengetahuan dan pemahaman kamu tentang geografi. Selamat belajar!
-
Students mustView
Selamat datang di Lesson 1. Untuk memperkenalkan kamu terhadap materi yang akan kita pelajari kedepannya, silakan untuk menyimak video pembelajaran berikut mengenai Pengertian Geografi, Sejarah Geografi dan Objek Geografi.
Selamat menyaksikan!
-
Students mustView
Selanjutnya, silakan menyimak video lanjutan berikut mengenai Objek Geografi dan Aspek Geografi.
Selamat menyaksikan!
-
Students mustView
Berikut adalah LKS 1 yang akan kamu kerjakan. Silakan simak dan ikuti panduan LKS yang sudah dicatumkan didalamnya. Kamu juga akan mengerjakannya bersama dengan teman sebangku, untuk itu silakan berdiskusi bersama dan menuliskan hasil diskusi di forum diskusi setelah aktivitas ini!
Selamat mengerjakan!
-
Students mustMark as done
Silakan menuliskan poin penting dari hasil diskusi yang sudah kamu lakukan dengan teman sebangkumu!
-
Assessment LKS 1 AssignmentSilakan mengumpulkan LKS 1 yang sudah kamu kerjakan bersama teman pasanganmu kedalam folder berikut ini!Not available unless: The activity Forum Diskusi is marked complete
-
Students mustMark as done
PRESENTASI
Pada sesi presentasi, Guru akan memilih secara acar kelompok yang akan presentasi. Kelompok yang akn ditunjuk oleh Guru, akan menampilkan hasil penugasan dan mempresentasikan LKS1 kepada murid di depan kelas. Guru akan memberikan penguatan konsep terkait hasil presentasi yang kan kamu presentasikan!
PENILAIAN
Guru akan memberikan penilaian terhadap kualitas jawaban yang kamu presentasikan di depan kelas
-
-
Students mustMark as done
PENDEKATAN, KONSEP DAN PRINSIP GEOGRAFIHalo murid-murid terkasih....Selamat datang dalam pembelajaran geografi. Pada kesempatan ini, kita akan membahas topik penting yaitu "Pendekatan, Konsep, dan Prinsip Geografi". Melalui pembelajaran ini, kita berharap untuk mencapai beberapa tujuan utama:- Menjelaskan Pendekatan Geografi: Memahami berbagai pendekatan yang digunakan dalam studi geografi, seperti pendekatan keruangan, ekologi, dan kompleks wilayah.
- Menjelaskan Konsep Esensial Geografi: Mengenal konsep-konsep dasar yang menjadi landasan dalam ilmu geografi, seperti lokasi, tempat, jarak, skala, dan intera
- Menjelaskan Prinsip-Prinsip Geografi: Memahami prinsip-prinsip yang menjadi dasar dalam analisis geografi, seperti prinsip persebaran, interaksi, keterkaitan keruangan, dan deskripsi.
Semoga pembelajaran ini dapat memperkaya pengetahuan dan pemahaman kita tentang geografi. Selamat belajar! -
Video Pembelajaran 3: Konsep Pendekatan, dan Prinsip Geografi H5P
Sebagai aktivitas awal di Lesson ini, kamu akan menyimak video pembelajaran berikut mengenai Konsep Pendekatan, dan Prinsip Geografi.
Selamat menyaksikan!Not available unless: The activity PENDEKATAN, KONSEP DAN PRINSIP GEOGRAFIHalo murid-... is ... ...Not available unless: The activity PENDEKATAN, KONSEP DAN PRINSIP GEOGRAFIHalo murid-... is marked complete -
Students mustMark as done
Aktivitas lanjutan:
- Silakan untuk membentuk kelompok yang relatif heterogen menjadi beberapa kelompok, dimana anggota setiap kelompok terdiri dari 4 murid
- Kamu akan diarahkan untuk berdiskusi dan mencermati masalah yang diungkapkan di LKS
- Kamu akan diberikan kesempatan menanyakan hal-hal yang menarik atau belum diketahui tentang masalah yang dipecahkan.
-
Lembar Kerja Siswa 2 File
Setelah menyimak Video Pembelajaran 3, silakan berdiskusi dengan teman sekelompokmu dan menjawab pertanyaan yang ada di LKS berikut ini. Perwakilan setiap kelompok akan menuliskan jawaban hasil diskusi kedalam forum diskusi setelah aktivitas berikut ini.
Selamat berdiskusi dan selamat mengerjakan!
Not available unless: The activity Aktivitas lanjutan:Silakan untuk membentuk kelompo... is ... ...Not available unless: The activity Aktivitas lanjutan:Silakan untuk membentuk kelompo... is marked complete -
Students mustMark as done
Silakan menuliskan hasil diskusi yang sudah dilakukan bersama dengan teman sekelompokmu kedalam forum diskusi berikut ini. Silakan menuliskan nama kelompok, kemudian menuliskan hasil diskusinya!
-
Students mustMark as done
PRESENTASI
Pada sesi presentasi, Guru akan memilih secara acar kelompok yang akan presentasi. Kelompok yang akn ditunjuk oleh Guru, akan menampilkan hasil penugasan dan mempresentasikan LKS1 kepada murid di depan kelas. Guru akan memberikan penguatan konsep terkait hasil presentasi yang kan kamu presentasikan!
PENILAIAN
Guru akan memberikan penilaian terhadap kualitas jawaban yang kamu presentasikan di depan kelas
-
Sumatif Quiz
Berikut adalah soal sumatif yang akan kamu kerjakan. Silakan mengerjakannya dengan tepat dan teliti. Sebelum kamu mengaksesnya, silakan mematangkan pengetahuanmu terkait materi yang kita pelajari dengan mereview kembali. Silakan mengerjakannya secara pribadi dan berintegritas.
Selamat mengerjakan!
Not available unless: The activity PRESENTASIPada sesi presentasi, Guru akan memilih ... (copy) i... ...Not available unless: The activity PRESENTASIPada sesi presentasi, Guru akan memilih ... (copy) is marked complete
-
-
Berikut merupakan rancangan rangkaian pembelajaran mengenai topik Peta, Penginderaan Jauh dan SIG. Selamat Belajar!
-
Students mustMark as done
COURSE DESCRIPTION:PETA, PENGINDERAAN JAUH DAN SIGUntuk mengkaji ruang diperlukan peta. Peta tidak hanya dicetak pada kertas, melainkan juga peta digital yang dapat diakses melalui komputer maupun ponsel. PJ dan SIG dapat dijadikan alat bantu untuk menganalisis terhadap fenomena di permukaan bumi.
ENDURING UNDERSTANING:Mensyukuri akal budi yang diberikan Allah kepada manusia untuk merekam segala ciptaan melalui setiap aplikasi yang ditemukan manusia. Kita hendaknya memanfaatkannya dengan baik dalam rencana pengelolaan bumi dan mempermudah aktivitas sehari-hari.
ESSENTIAL QUESTION:- Bagaimana penggunaan Peta, PJ, dan SIG dalam rencana pengelolaan wilayah?
- Bagaimana penggunaan peta dalam kehidupan sehari-hari?
LEARNING OBJECTIVES:3.2 Memahami dasar-dasar pemetaan, Pengindraan Jauh, dan Sistem Informasi Geografis (SIG)
4.2 Membuat Peta Indonesia sesuai dengan unsur-unsur peta yang di tetapkan
LIST OF LESSONS:Lesson 1 : Dasar-Dasar Pemetaan
Lesson 2 : Pengetahuan Dasar Penginderaan Jauh
Lesson3 : Pengetahuan Dasar SIG
ASSESSMENTS:Formatif: Tes Tertulis- Quiz tentang Peta
- Quiz tentang PJ
- Quiz tentang SIG
Sumatif: Tes Tertulis
-

DASAR - DASAR PEMETAAN
Halo murid-murid terkasih....
Selamat datang pada Lesson 1 topik Dasar-Dasar Pemetaan. Melalui pembelajaran ini, murid diharapkan mampu memahami konsep dasar peta, mengidentifikasi unsur-unsur atau komponen peta, mengelompokkan jenis peta dan mengelompokkan proyeksi peta.
Selamat belajar dan Tuhan Yesus memberkati
-
Students mustView
Selamat datang pada lesson 1. Sebelum kita akan masuk lebih jauh ke dalam pembelajaran kita hari ini, kamu akan menyimak video pendahuluan mengenai topik Peta dan SIG berikut!
Selamat menyaksikan!
-
Students mustView
Selanjutnya, silakan kamu simak video tentang Konsep dasar peta : Pengertian, fungsi, dan komponen peta berikut! Pada akhir video ada kuis yang harus dijawab oleh murid. Semangat!
-
Students mustViewSilakan simak video berikut tentang jenis peta (berdasarkan isi, bentuk, skala) dan proyeksi peta ( azimuthal, kerucut dan silinder) Pada akhir video ada kuis yang harus dijawab oleh muridSelamat mengerjakan!
-
Students mustMark as done
Setelah menonton ketiga video pembelajaran di awal, kamu akan mengerjakan aktivitas kuis mandiri untuk semakin memperdalam pemahamanamu mengenai konsep dasar peta. Penugasan ini akan menjadi penilaian formatif kamu, jadi kerjakan dengan semaksimal mungkin ya!
Selamat mengerjakan!
-
Students mustMark as done
Setelah anda sudah mengerjakannya, silakan submit hasil pengerjaan kuis formatif kamu ke dalam folder pengumpulan berikut!
-
PENGINDERAAN JAUH
Halo murid-murid terkasih....Selamat datang pada Lesson 2 topik Penginderaan Jauh. Melalui pembelajaran ini, murid diharapkan mampu memahami konsep dasar penginderaan jauh, mengidentifikasi komponen Penginderaan Jauh dan jenis Citra Penginderaan Jauh.Selamat belajar dan Tuhan Yesus memberkati -
Students mustView
Pada awal lesson 2 ini, kamu akan menyimak video tentang konsep dasar Penginderaan jauh.
Simak dengan baik-baik ya!
-
Students mustMark as done
Setelah menyimak video pembelajaran, sebutkan 4 komponen (dari 7 komponen) Penginderaan Jauh! Tuliskan jawaban kalian pada forum ini. Kamu juga dipersilakan untuk memberikan tanggapan maupun komentar terhadap jawaban temanmu melalui folder diskusi ini!
-
Students mustMark as doneKamu akan bergabung dalam kelompok, setiap kelompok terdiri atas 4 orang dan tiap-tiap kelompok akan mengerjakan latihan Interpretasi Penginderaan Jauh. Berikut file soal yang akan dikerjakan.Semangat!
-
Students mustMark as done
Setelah berdiskusi dan menjawab pertanyaan kelompok, silahkan submit hasil pengerjaan tugas kelompok kedalam folder berikut ini!
-
Students mustMark as done
Untuk melihat seberapa jauh pemahaman kamu terkait dengan materi yang sudah kita pelajari hari ini, secara individual silakan menjawab beberapa pertanyaan berikut!
Selamat mengerjakan!
-
Students mustMark as done
-

PEGETAHUAN DASAR SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS
Halo murid-murid terkasih....
Selamat datang pada Lesson 1 topik Bumiku BerubahPengetahuan Dasar Sistem Informasi Georafis. Melalui pembelajaran ini, murid diharapkan mampu memahami konsep dasar SIG, mengidentifikasi komponen SIG da tahapan Kerja SIG.
Selamat belajar dan Tuhan Yesus memberkati 😊
-
Students mustMark as done
Selamat datang di lesson 1. awal kegiatan yang akan kamu lakukan sebelum masuk ke dalam pembelajaran yang lebih dalam adalah membaca artikel mengenai Pemanfaatan SIG untuk pemetaan persebaran kejadian Covid. Kemudian kamu akan menuliskan pendapat dalam forum diskusi.
Selamat membaca!
-
Students mustMark as doneKumpulkan jawaban anda dengan menulis dalam forum diskusi berikut!
Setelah membaca artikel PDF 1 yang berjudul “Pemanfaatn SIG untuk Pemetaan SIG untuk Sebaran Covid-19”, silahkan jawab pertanyaan berikut!
- Jelaskan bagaimana mengetahui persebaran virus lewat SIG ?
- Apa tantangan SIG dengan menggunakan Data temporal Besar?
-
Video Pembelajaran 5: Konsep Dasar SIG H5P
Kita akan melanjutkan pembelajaran kita dan kamu akan menyimak video konsep dasar SIG berikut ini!
Dalam akhir video ada kuis yang harus dijawab oleh murid sebelum melanjutkan ke dalam topik selanjutnya
Not available unless: The activity Forum Diskusi is marked complete -
Students mustMark as done
Setelah menyimak video sebelumnya, secara individu kamu akan menjawab pertanyaan berikut ini!
software yang mendukung program SIG dan
hasil akhir dari tahap KELUARAN berupa apa saja
-
Students mustMark as done
Selanjutnya kamu akan mengerjakan penugasan sumatif. Berikut adalah soal sumatif geografi yang akan dikerjakan oleh murid, silakan mengerjakan dengan jujur dan semaksimal kamu!
Selamat mengerjakan!
-
Students mustMark as done
Silahkan submit tugas sumatif yang sudah kamu kerjakan ke dalam folder berikut!
-
Students mustMark as done
COURSE DESCRIPTION:PETA, PENGINDERAAN JAUH DAN SIGUntuk mengkaji ruang diperlukan peta. Peta tidak hanya dicetak pada kertas, melainkan juga peta digital yang dapat diakses melalui komputer maupun ponsel. PJ dan SIG dapat dijadikan alat bantu untuk menganalisis terhadap fenomena di permukaan bumi.
ENDURING UNDERSTANING:Mensyukuri akal budi yang diberikan Allah kepada manusia untuk merekam segala ciptaan melalui setiap aplikasi yang ditemukan manusia. Kita hendaknya memanfaatkannya dengan baik dalam rencana pengelolaan bumi dan mempermudah aktivitas sehari-hari.
ESSENTIAL QUESTION:- Bagaimana penggunaan Peta, PJ, dan SIG dalam rencana pengelolaan wilayah?
- Bagaimana penggunaan peta dalam kehidupan sehari-hari?
LEARNING OBJECTIVES:3.2 Memahami dasar-dasar pemetaan, Pengindraan Jauh, dan Sistem Informasi Geografis (SIG)
4.2 Membuat Peta Indonesia sesuai dengan unsur-unsur peta yang di tetapkan
LIST OF LESSONS:Lesson 1 : Dasar-Dasar Pemetaan
Lesson 2 : Pengetahuan Dasar Penginderaan Jauh
Lesson3 : Pengetahuan Dasar SIG
ASSESSMENTS:Formatif: Tes Tertulis- Quiz tentang Peta
- Quiz tentang PJ
- Quiz tentang SIG
Sumatif: Tes Tertulis
-

DASAR - DASAR PEMETAAN
Halo murid-murid terkasih....
Selamat datang pada Lesson 1 topik Dasar-Dasar Pemetaan. Melalui pembelajaran ini, murid diharapkan mampu memahami konsep dasar peta, mengidentifikasi unsur-unsur atau komponen peta, mengelompokkan jenis peta dan mengelompokkan proyeksi peta.
Selamat belajar dan Tuhan Yesus memberkati
-
Video Pembelajaran 1: Course Introduction H5P
Selamat datang pada lesson 1. Sebelum kita akan masuk lebih jauh ke dalam pembelajaran kita hari ini, kamu akan menyimak video pendahuluan mengenai topik Peta dan SIG berikut!
Selamat menyaksikan!
Not available unless: The activity DASAR - DASAR PEMETAANHalo murid-murid terkasih...... is ... ...Not available unless: The activity DASAR - DASAR PEMETAANHalo murid-murid terkasih...... is marked complete -
Video Pembelajaran 2: Pendahuluan Konsep Dasar Peta H5P
Selanjutnya, silakan kamu simak video tentang Konsep dasar peta : Pengertian, fungsi, dan komponen peta berikut! Pada akhir video ada kuis yang harus dijawab oleh murid. Semangat!
Not available unless: The activity Video Pembelajaran 1: Course Introduction is marked complete -
Vdeo Pembelajaran 3: Jenis dan Proyeksi Peta H5PSilakan simak video berikut tentang jenis peta (berdasarkan isi, bentuk, skala) dan proyeksi peta ( azimuthal, kerucut dan silinder) Pada akhir video ada kuis yang harus dijawab oleh muridSelamat mengerjakan!Not available unless: The activity Video Pembelajaran 2: Pendahuluan Konsep Dasar Peta is marked ... ...Not available unless: The activity Video Pembelajaran 2: Pendahuluan Konsep Dasar Peta is marked complete
-
Students mustMark as done
Setelah menonton ketiga video pembelajaran di awal, kamu akan mengerjakan aktivitas kuis mandiri untuk semakin memperdalam pemahamanamu mengenai konsep dasar peta. Penugasan ini akan menjadi penilaian formatif kamu, jadi kerjakan dengan semaksimal mungkin ya!
Selamat mengerjakan!
-
Students mustMark as done
Setelah anda sudah mengerjakannya, silakan submit hasil pengerjaan kuis formatif kamu ke dalam folder pengumpulan berikut!
-
PENGINDERAAN JAUH
Halo murid-murid terkasih....Selamat datang pada Lesson 2 topik Penginderaan Jauh. Melalui pembelajaran ini, murid diharapkan mampu memahami konsep dasar penginderaan jauh, mengidentifikasi komponen Penginderaan Jauh dan jenis Citra Penginderaan Jauh.Selamat belajar dan Tuhan Yesus memberkati -
Students mustView
Pada awal lesson 2 ini, kamu akan menyimak video tentang konsep dasar Penginderaan jauh.
Simak dengan baik-baik ya!
-
Students mustMark as done
Setelah menyimak video pembelajaran, sebutkan 4 komponen (dari 7 komponen) Penginderaan Jauh! Tuliskan jawaban kalian pada forum ini. Kamu juga dipersilakan untuk memberikan tanggapan maupun komentar terhadap jawaban temanmu melalui folder diskusi ini!
-
Students mustMark as doneKamu akan bergabung dalam kelompok, setiap kelompok terdiri atas 4 orang dan tiap-tiap kelompok akan mengerjakan latihan Interpretasi Penginderaan Jauh. Berikut file soal yang akan dikerjakan.Semangat!
-
Students mustMark as done
Setelah berdiskusi dan menjawab pertanyaan kelompok, silahkan submit hasil pengerjaan tugas kelompok kedalam folder berikut ini!
-
Students mustMark as done
Untuk melihat seberapa jauh pemahaman kamu terkait dengan materi yang sudah kita pelajari hari ini, secara individual silakan menjawab beberapa pertanyaan berikut!
Selamat mengerjakan!
-
Students mustMark as done
-

PEGETAHUAN DASAR SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS
Halo murid-murid terkasih....
Selamat datang pada Lesson 1 topik Bumiku BerubahPengetahuan Dasar Sistem Informasi Georafis. Melalui pembelajaran ini, murid diharapkan mampu memahami konsep dasar SIG, mengidentifikasi komponen SIG da tahapan Kerja SIG.
Selamat belajar dan Tuhan Yesus memberkati 😊
-
Students mustMark as done
Selamat datang di lesson 1. awal kegiatan yang akan kamu lakukan sebelum masuk ke dalam pembelajaran yang lebih dalam adalah membaca artikel mengenai Pemanfaatan SIG untuk pemetaan persebaran kejadian Covid. Kemudian kamu akan menuliskan pendapat dalam forum diskusi.
Selamat membaca!
-
Students mustMark as doneKumpulkan jawaban anda dengan menulis dalam forum diskusi berikut!
Setelah membaca artikel PDF 1 yang berjudul “Pemanfaatn SIG untuk Pemetaan SIG untuk Sebaran Covid-19”, silahkan jawab pertanyaan berikut!
- Jelaskan bagaimana mengetahui persebaran virus lewat SIG ?
- Apa tantangan SIG dengan menggunakan Data temporal Besar?
-
Video Pembelajaran 5: Konsep Dasar SIG H5P
Kita akan melanjutkan pembelajaran kita dan kamu akan menyimak video konsep dasar SIG berikut ini!
Dalam akhir video ada kuis yang harus dijawab oleh murid sebelum melanjutkan ke dalam topik selanjutnya
Not available unless: The activity Forum Diskusi is marked complete -
Students mustMark as done
Setelah menyimak video sebelumnya, secara individu kamu akan menjawab pertanyaan berikut ini!
software yang mendukung program SIG dan
hasil akhir dari tahap KELUARAN berupa apa saja
-
Students mustMark as done
Selanjutnya kamu akan mengerjakan penugasan sumatif. Berikut adalah soal sumatif geografi yang akan dikerjakan oleh murid, silakan mengerjakan dengan jujur dan semaksimal kamu!
Selamat mengerjakan!
-
Students mustMark as done
Silahkan submit tugas sumatif yang sudah kamu kerjakan ke dalam folder berikut!
-
Students mustMark as done
COURSE DESCRIPTION:PETA, PENGINDERAAN JAUH DAN SIGUntuk mengkaji ruang diperlukan peta. Peta tidak hanya dicetak pada kertas, melainkan juga peta digital yang dapat diakses melalui komputer maupun ponsel. PJ dan SIG dapat dijadikan alat bantu untuk menganalisis terhadap fenomena di permukaan bumi.
ENDURING UNDERSTANING:Mensyukuri akal budi yang diberikan Allah kepada manusia untuk merekam segala ciptaan melalui setiap aplikasi yang ditemukan manusia. Kita hendaknya memanfaatkannya dengan baik dalam rencana pengelolaan bumi dan mempermudah aktivitas sehari-hari.
ESSENTIAL QUESTION:- Bagaimana penggunaan Peta, PJ, dan SIG dalam rencana pengelolaan wilayah?
- Bagaimana penggunaan peta dalam kehidupan sehari-hari?
LEARNING OBJECTIVES:3.2 Memahami dasar-dasar pemetaan, Pengindraan Jauh, dan Sistem Informasi Geografis (SIG)
4.2 Membuat Peta Indonesia sesuai dengan unsur-unsur peta yang di tetapkan
LIST OF LESSONS:Lesson 1 : Dasar-Dasar Pemetaan
Lesson 2 : Pengetahuan Dasar Penginderaan Jauh
Lesson3 : Pengetahuan Dasar SIG
ASSESSMENTS:Formatif: Tes Tertulis- Quiz tentang Peta
- Quiz tentang PJ
- Quiz tentang SIG
Sumatif: Tes Tertulis
-

DASAR - DASAR PEMETAAN
Halo murid-murid terkasih....
Selamat datang pada Lesson 1 topik Dasar-Dasar Pemetaan. Melalui pembelajaran ini, murid diharapkan mampu memahami konsep dasar peta, mengidentifikasi unsur-unsur atau komponen peta, mengelompokkan jenis peta dan mengelompokkan proyeksi peta.
Selamat belajar dan Tuhan Yesus memberkati
-
Video Pembelajaran 1: Course Introduction H5P
Selamat datang pada lesson 1. Sebelum kita akan masuk lebih jauh ke dalam pembelajaran kita hari ini, kamu akan menyimak video pendahuluan mengenai topik Peta dan SIG berikut!
Selamat menyaksikan!
Not available unless: The activity DASAR - DASAR PEMETAANHalo murid-murid terkasih...... is ... ...Not available unless: The activity DASAR - DASAR PEMETAANHalo murid-murid terkasih...... is marked complete -
Video Pembelajaran 2: Pendahuluan Konsep Dasar Peta H5P
Selanjutnya, silakan kamu simak video tentang Konsep dasar peta : Pengertian, fungsi, dan komponen peta berikut! Pada akhir video ada kuis yang harus dijawab oleh murid. Semangat!
Not available unless: The activity Video Pembelajaran 1: Course Introduction is marked complete -
Vdeo Pembelajaran 3: Jenis dan Proyeksi Peta H5PSilakan simak video berikut tentang jenis peta (berdasarkan isi, bentuk, skala) dan proyeksi peta ( azimuthal, kerucut dan silinder) Pada akhir video ada kuis yang harus dijawab oleh muridSelamat mengerjakan!Not available unless: The activity Video Pembelajaran 2: Pendahuluan Konsep Dasar Peta is marked ... ...Not available unless: The activity Video Pembelajaran 2: Pendahuluan Konsep Dasar Peta is marked complete
-
Students mustMark as done
Setelah menonton ketiga video pembelajaran di awal, kamu akan mengerjakan aktivitas kuis mandiri untuk semakin memperdalam pemahamanamu mengenai konsep dasar peta. Penugasan ini akan menjadi penilaian formatif kamu, jadi kerjakan dengan semaksimal mungkin ya!
Selamat mengerjakan!
-
Students mustMark as done
Setelah anda sudah mengerjakannya, silakan submit hasil pengerjaan kuis formatif kamu ke dalam folder pengumpulan berikut!
-
PENGINDERAAN JAUH
Halo murid-murid terkasih....Selamat datang pada Lesson 2 topik Penginderaan Jauh. Melalui pembelajaran ini, murid diharapkan mampu memahami konsep dasar penginderaan jauh, mengidentifikasi komponen Penginderaan Jauh dan jenis Citra Penginderaan Jauh.Selamat belajar dan Tuhan Yesus memberkati -
Video Pembelajaran 4: Konsep Dasar dan Komponen Penginderaan Jauh H5P
Pada awal lesson 2 ini, kamu akan menyimak video tentang konsep dasar Penginderaan jauh.
Simak dengan baik-baik ya!
Not available unless: The activity PENGINDERAAN JAUHHalo murid-murid terkasih....Sela... is ... ...Not available unless: The activity PENGINDERAAN JAUHHalo murid-murid terkasih....Sela... is marked complete -
Students mustMark as done
Setelah menyimak video pembelajaran, sebutkan 4 komponen (dari 7 komponen) Penginderaan Jauh! Tuliskan jawaban kalian pada forum ini. Kamu juga dipersilakan untuk memberikan tanggapan maupun komentar terhadap jawaban temanmu melalui folder diskusi ini!
-
Students mustMark as doneKamu akan bergabung dalam kelompok, setiap kelompok terdiri atas 4 orang dan tiap-tiap kelompok akan mengerjakan latihan Interpretasi Penginderaan Jauh. Berikut file soal yang akan dikerjakan.Semangat!
-
Students mustMark as done
Setelah berdiskusi dan menjawab pertanyaan kelompok, silahkan submit hasil pengerjaan tugas kelompok kedalam folder berikut ini!
-
Students mustMark as done
Untuk melihat seberapa jauh pemahaman kamu terkait dengan materi yang sudah kita pelajari hari ini, secara individual silakan menjawab beberapa pertanyaan berikut!
Selamat mengerjakan!
-
Students mustMark as done
-

PEGETAHUAN DASAR SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS
Halo murid-murid terkasih....
Selamat datang pada Lesson 1 topik Bumiku BerubahPengetahuan Dasar Sistem Informasi Georafis. Melalui pembelajaran ini, murid diharapkan mampu memahami konsep dasar SIG, mengidentifikasi komponen SIG da tahapan Kerja SIG.
Selamat belajar dan Tuhan Yesus memberkati 😊
-
Students mustMark as done
Selamat datang di lesson 1. awal kegiatan yang akan kamu lakukan sebelum masuk ke dalam pembelajaran yang lebih dalam adalah membaca artikel mengenai Pemanfaatan SIG untuk pemetaan persebaran kejadian Covid. Kemudian kamu akan menuliskan pendapat dalam forum diskusi.
Selamat membaca!
-
Students mustMark as doneKumpulkan jawaban anda dengan menulis dalam forum diskusi berikut!
Setelah membaca artikel PDF 1 yang berjudul “Pemanfaatn SIG untuk Pemetaan SIG untuk Sebaran Covid-19”, silahkan jawab pertanyaan berikut!
- Jelaskan bagaimana mengetahui persebaran virus lewat SIG ?
- Apa tantangan SIG dengan menggunakan Data temporal Besar?
-
Video Pembelajaran 5: Konsep Dasar SIG H5P
Kita akan melanjutkan pembelajaran kita dan kamu akan menyimak video konsep dasar SIG berikut ini!
Dalam akhir video ada kuis yang harus dijawab oleh murid sebelum melanjutkan ke dalam topik selanjutnya
Not available unless: The activity Forum Diskusi is marked complete -
Students mustMark as done
Setelah menyimak video sebelumnya, secara individu kamu akan menjawab pertanyaan berikut ini!
software yang mendukung program SIG dan
hasil akhir dari tahap KELUARAN berupa apa saja
-
Students mustMark as done
Selanjutnya kamu akan mengerjakan penugasan sumatif. Berikut adalah soal sumatif geografi yang akan dikerjakan oleh murid, silakan mengerjakan dengan jujur dan semaksimal kamu!
Selamat mengerjakan!
-
Students mustMark as done
Silahkan submit tugas sumatif yang sudah kamu kerjakan ke dalam folder berikut!
-
-

Berikut merupakan rancangan pembelajaran Geografi kelas X pada topik Litosfer. Selamat belajar!
-
Students mustMark as done
COURSE DESCRIPTION:LITOSFER
Untuk memahami kondisi geografis di permukaan bumi, khususnya di Indonesia, perlu mempelajari konsep dasar fenomena geosfer. Salah satu fenomena geosfer yang akan kita pelajari adalah litosfer. Beberapa contoh fenomena llitosfer yang akan dipelajari adalah struktur perlapisan bumi, jenis batuan penyusun kulit bumi, proses endogen dan eksogen.
ENDURING UNDERSTANING:Melalui kesadaran terhadap dampak tenaga endogen kita harus bijaksana dalam menghadapinya yang dimulai dari pemahaman penyebab terjadinya serta membangun kewaspadaan atas dampak yang ditimbulkan.
ESSENTIAL QUESTION:- Bagaimana Allah merancang proses tenaga geologi sehingga dapat memengaruhi permukaan bumi?
- Bagaimana pengaruh tenaga Geologi pada tempat tinggal yang kita saat ini?
LEARNING OBJECTIVES:A.6 Peserta didik mampu merangkaikan stuktur lapisan bumi beserta fungsinya
A.7 Peserta didik mampu merangkaikan proses pembentukan batuan dan tanah
A.8 Peserta didik mampu menganalisis tenaga geologi pembentuk permukaan bumi
LIST OF LESSONS:Lesson 1 : Struktur Pelapisan Bumi
Lesson 2 : Tenaga Endogen
Lesson 3 : Tenaga Eksogen
Lesson 4 : Sumatif
ASSESSMENTS:Formatif:
- Menggambar siklus batuan & tanah
- Quiz ; Tektonisme
- Quiz : Vulkanisme
Sumatif:
- Membuat rancangan suatu alat inovasi pencegahan dampak tenaga endogen atau eksogen.
- Bagaimana Allah merancang proses tenaga geologi sehingga dapat memengaruhi permukaan bumi?
-

STRUKTUR PELAPISAN BUMI
Selamat datang dalam pembelajaran struktur pelapisan bumi! Program ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang tiga aspek utama: Sejarah Pembentukan Bumi, Struktur Pelapisan Kulit Bumi, dan Siklus serta Klasifikasi Batuan. Dalam perjalanan ini, kita akan menjelajahi keajaiban evolusi bumi dan menyelami rahasia struktur geologisnya.
Mari kita bersama-sama memulai perjalanan ini untuk memahami struktur-struktur yang ada di permukaan bumi ini. Selamat belajar!
-
Students mustView
Selamat datang di Lesson 1. Untuk memperkenalkan materi yang akan kita bahas dalam pembelajaran kali ini, silakan simak video berikut ini!
-
Students mustMark as done
Setelah kamu menonton video sebelumnya, cobalah untuk jawab pertanyaan berikut ini:
- Tuliskan kembali terbentuknya bumi berdasarkan teori Lempeng Tektonik !
Silakan mengirimkan jawaban kamu ke dalam folder diskusi berikut!
-
Students mustView
Untuk menambah pengetahuan awal, kamu akan menyimak video tentang Teori Perkembangan Bumi berikut ini!
-
Students mustView
Untuk membimbing pelatihan kamu, silakan kembali simak video pembelajaran berikut mengenai Struktutr Lapisan Bumi
-
Students mustView
Selanjutnya, kamu akan mengerjakan soal berikut sebagai penilaian Formatif 1. Silakan mengerjakannya dengan semaksimal mungkin dan penuh integritas!
Selamat mengerjakan!
-

TENAGA ENDOGEN
Selamat datang di Lesson 2. Dalam lesson ini, kita akan memasuki dunia yang penuh misteri dan kekuatan dahsyat dari dalam bumi, yang dikenal sebagai tenaga endogen. Melalui perjalanan pembelajaran ini, kita akan memahami secara lebih mendalam mengenai tiga fenomena geologis utama, yaitu Tektonisme, Vulkanisme, dan Seisme, yang menciptakan dan membentuk permukaan bumi seperti yang kita kenal hari ini.Selain itu, kita akan mengulas dampak secara keseluruhan dari tenaga endogen terhadap kehidupan di bumi. Bagaimana perubahan bentuk lahan, munculnya pegunungan, dan perkembangan ekosistem dipengaruhi oleh fenomena-fenomena ini?
Untuk itu mari segera kita mulai pembelajaran kita, selamat belajar!
-
Students mustView
Selamat datang di Lesson 2. Silakan menyimak video pengantar tektonisme berikut sebelum melanjut ke pembelajaran lebih lanjut!
-
Students mustView
Silakan menyimak video mengenai Tektonisme berikut ini untuk memperlengkapi pemahaman kamu!
-
Students mustView
Selanjutnya, kamu akan menyimak video mengenai Vulkanisme berikut!
Selamat menyaksikan!
-
Students mustMark as done
Setelah melihat Video dan membaca hand out, kalian akan bergabung dalam kelompok yang terdiri 3-4 siswa untuk berdiskusi. Topik diskusi : Tektonisme , Vulkanisme dan Siesme
Silakan menuliskan hasil diskusi dalam forum ini, kemudian menyampaikan di depan kelas bergantian. Kelompok lain wajib menanggapi hasil diskusi kelompok lain (menuliskan di reply) ; bisa mengajukan saran-saran baru, bisa mengajukan pertanyaan terbuka
Selamat berdiskusi!
-
Video 2: Pergerakan Lempeng Tektonik H5P
Mari kita sama-sama melihat bagaimana perkembangan pergerakan lempeng tektonik dari tahun ke tahun!
Selamat menyaksikan!
Not available unless: The activity Diskusi Kelompok is marked complete -
Students mustMark as done
Silakan akses materi berikut sebagai bahan diskusi dalam kelompok!
Selamat mengerjakan!
-

TENAGA EKSOGEN
Selamat datang dalam pembelajaran mengenai tenaga eksogen, sebuah mata pelajaran yang mendalam mengenai kekuatan alam yang memengaruhi permukaan bumi. Dalam perjalanan ini, kita akan menjelajahi aspek penting yang mencakup pelapukan, erosi, sedimentasi, serta fenomena berupa mass wasting.
Pertama-tama, kita akan memahami esensi dari pelapukan dan kita akan merinci jenis-jenis pelapukan, mulai dari fisik hingga kimia, yang memainkan peran kunci dalam membentuk karakteristik geologi suatu daerah. Kemuian kita akan membahas engenai pengertian dan jenis erosi, sedimentasi, pengertian dan jenis-jenis Mass Wasting serta menganalisis dampak tenaga eksogen bagi kehidupan.
Selamat belajar!
-
Students mustViewSelamat datang di Lesson 3. Awal Lesson ini kamu akan diperlengkapi dengan video pembelajaran Tenaga Eksogen. Simak video berikut sebelum kita menggali lebih dalam mengenai materi Tenaga Eksogen.
Selamat menyaksikan! -
Students mustMark as done
Setelah menyimak video sebelumnya, silakan jawab pertanyaan berikut!
Tuliskan pengertian erosi, sedimentasi, pelapukan, dan mass wasting yang kalian ketahui setelah menyimak video sebelumnya.
-
Video Pembelajaran 7: Erosi dan Sedimentasi H5P
Selanjutnya, silakan simak video berikut mengenai Erosi dan Pelapukan!
Not available unless: The activity Forum Diskusi is marked complete -
Students mustMark as done
PROJEK KELOMPOK:
Kelompok akan membuat Poster (dapat menggunakan Canva ata aplikasi lainnya) mengenai:
- Pengaruh tenaga endogen terhadap pembentukan bumi. Bisa pilih salah satu dari tektonisme, vulkanisme, dan seisme
- Pengaruh tenaga eksogen terhadap pembentukan bumi. Bisa pilih salah satu dari Pelapukan, Erosi, sedimentasi, dan mass wasting
-
Students mustMark as done
Berikut adalah rubrik yang akan digunakan dalam pembuatan projek poster bersama dengan teman kelompok.
-

SUMATIF
Halo murid-murid terkasih...
Selamat datang di Lesson 4. Pada Lesson ini kita akan lanjut perjalanan pembelajaran kita mengenai Tenaga Endogen dan Tenaga Eksogen. Dalam Lesson ini, kamu dan kelompok akan menganalisis dampak tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan sehari-hari, serta mampu membuat poster sebagai proyek sumatif.
Selamat belajar, Tuhan Yesus Memberkati!
-
Students mustMark as done
Peserta didik secara berkelompok melakukan suatu project, yakni merancang suatu alat inovasi pencegahan dampak tenaga endogen dan eksogen. Topik meliputi tsunami dan mass wasting. Project harus memenuhi 3 poin:
- Analisis proses terjadinya bencana
- Analisis cara kerja BMKG dalam memprediksi/mendeteksi bencana
- Merancang inovasi alat pencegahan atau upaya penyelamatan dari dampak tenaga endogen dan eksogen
-
-
-
-
-
-

Berikut adalah rangkaian pembelajaran Geografi Kelas X dengan Topik Pedosfer (Tanah). Selamat Belajar!
-
Students mustMark as done
COURSE DESCRIPTION:PEDOSFER (TANAH)
Pedosfer, adalah lapisan paling atas dari permukaan bumi tempat berlangsungnya proses pembentukan tanah. Secara sederhana pedosfer diartikan sebagai lapisan tanah yang menempati bagian paling atas dari litosfer.
Tanah (soil) adalah suatu wujud alam yang terbentuk dari campuran hasil pelapukan batuan, bahan anorganik, bahan organik, air, dan udara.
ENDURING UNDERSTANING:Dengan memahami pentingnya tanah bagi keberlangsungan mahluk hidup di bumi, maka kita harus senantiasa menjaga kualitas tanah untuk mendukung kelestarian lingkungan di bumi.
ESSENTIAL QUESTION:- Bagaimana penggunaan tanah untuk mendatangkan kemakmuran manusia ?
- Bagaiman menjaga kualitas tanah tetap terjaga (tidak terdegradasi) ?
LEARNING OBJECTIVES:Peserta didik mampu merangkaikan proses pembentukan tanah dan menjelaskan karakteristik sifat tanah.
LIST OF LESSONS:
ASSESSMENTS:Formatif: Formatif tulis LKS (danang endarto hal 80, 83, 88, 89)Sumatif:
- Alternatif 1 : Tertulis (Uraian) tentang Kerusakan tanah dan Upaya menanggulangi.
Sumber : Hartono ebook hal 86 (No 6-10)
Iwan-gatot, hal 94, 97, 102-103
- Alternatif 2 : Membuat infografis Pencemaran Tanah di Indonesia
-

PROSES PEMBENTUKAN TANAH
Halo murid-murid yang terkasih...
Selamat datang di Lesson 1 dengan topik pembelajaran Proses Pembentukan Tanah. Dalam pembelajaran ini, kita akan sama-sama belajar untuk mampu mendeskripsikan pengertian tanah, menjelaskan proses pembentukan tanah, menjelaskan faktor-faktor pembentuk tanah, serta mampu menjelaskan ciri-ciri atau karakteristik sifat tanah. Kiranya pembelajaran ini mampu membekali murid-murid sekalian untuk mampu memahami topik Pedosfer (Tanah).
Mari kita mulai pembelajaran kita, selamat belajar!
-
Video Pembelajaran 1: Pengertian Tanah dan Proses Pembentukan Tanah H5PSebelum kita masuk ke dalam pembelajara yang lebih dalam, silakan untuk menyimak video pembelajaran berikut untuk memperlengkapi pengetahuan anda tentang Pengertian Tanah dan Proses Pembentukan Tanah.
Selamat menyaksikan!Not available unless: The activity COURSE DESCRIPTION:PEDOSFER (TANAH)Pedosfer,... is marked ... ...Not available unless: The activity COURSE DESCRIPTION:PEDOSFER (TANAH)Pedosfer,... is marked complete -
Forum Diskusi
Secara berpasangan dengan rekan sebangku, silakan melakukan diskusi kemudian menuliskan hasil diskusi di forum diskusi berikut:
Pertanyaan diskusi :
- Salah satu faktor pembentuk tanah adalah organisme
- Berikanlah contoh terjadinya pembentukan tanah dengan bantuan hewan !
Selamat berdiskusi!
Not available unless: The activity Video Pembelajaran 1: Pengertian Tanah dan Proses Pembentukan ... ...Not available unless: The activity Video Pembelajaran 1: Pengertian Tanah dan Proses Pembentukan Tanah is marked complete -
Video Pembelajaran 2: Ciri-Ciri Tanah dan Profil Tanah H5P
Selanjutnya, silakan kembali menyimak video pembelajaran berikut mengenai Ciri-Ciri Tanah dan Profil Tanah. Silakan menyimak dengan baik karena dalam video disisipkan bebrapa pertanyaan terkait penjelasan materi.
Selamat belajar!
Not available unless: The activity Forum Diskusi is marked complete -
Formatif 1 QuizNot available unless: The activity Video Pembelajaran 2: Ciri-Ciri Tanah dan Profil Tanah is ... ...Not available unless: The activity Video Pembelajaran 2: Ciri-Ciri Tanah dan Profil Tanah is marked complete
-

JENIS DAN SEBARAN TANAH
Halo murid-murid yang terkasih...
Selamat datang kembali di pembelajaran Geografi mengenai Pedosfer (Tanah). Dalam pertemuan lesson 2 ini, kita akan kembali belajar mengenai Jenis dan Sebaran Tanah. Melalui pembelajaran ini, murid diharapkan mampu untuk menganalisis struktur lapisan tanah, menganalisis jenis, pemanfaatan, dan persebaran tanah, serta mampu mengidentiikasikan konservasi tanah.
Selamat belajar!
-
Video Pembelajaran 3: Jenis Tanah, Pemanfaatan Tanah, dan Sebaran tanah. H5P
Selamat datang di Lesson 1. Untuk mengawali pemahaman kamu megenai materi pertemuan kali ini, silakan untuk menyimak video pembelajaran mengenai Jenis Tanah, Pemanfaatan Tanah, dan Sebaran tanah berikut ini!
Selamat menyaksikan!
Not available unless: The activity Formatif 1 is marked complete -
Soal Latihan Pedosfer Quiz
Untuk melatih pemahaman kamu terkait materi Pedosfer yang sudah kita pelajari sejauh ini, silakan mengerjakan soal berikut dengan tepat. Silakan untuk mengulang kembali materi yang sudah dipelajari untuk mendapatkan nilai maksimal.
Selamat megerjakan!
Not available unless: The activity Video Pembelajaran 3: Jenis Tanah, Pemanfaatan Tanah, dan ... ...Not available unless: The activity Video Pembelajaran 3: Jenis Tanah, Pemanfaatan Tanah, dan Sebaran tanah. is marked complete -
Students mustMark as done
Aktivitas selanjutnya, anda akan di bagi dalam 10 kelompok dengan penugasan proyek:
Membuat infografis Pencemaran Tanah
Selamat mengerjakan!Poin yang di bahas di infografis :
- Definisi dan penyebab Pencemaran Tanah
- Dampak Pencemaran Tanah
- Upaya atau solusi mengatasi Pencemaran Tanah
-
Skenario dan Rubrik Tugas Sumatif Folder
Silakan mengakses file berikut untuk mengetahui skenario penugasan sumatif yang akan anda kerjakan beserta rubrik penilaiannya.
Selamat mengerjakan!
Not available unless: The activity Aktivitas selanjutnya, anda akan di bagi dalam 10 ... is ... ...Not available unless: The activity Aktivitas selanjutnya, anda akan di bagi dalam 10 ... is marked complete -
Students mustMark as done
Secara bergantian tiap kelompok mempresentasikan infografis di depan guru dan murid lainnya. Setiap murid mendapat penguatan dari guru terkait infografis yang sudah dikerjakan.
Guru mengapresiasi murid yang mengerjakan infografis dengan baik dan menarik.
-
-

Berikut adalah rangkaian pembelajaran Geografi Kelas X mengenai materi "Hidrosfer (Air)". Selamat Belajar!
-
Students mustMark as done
COURSE DESCRIPTION:HIDROSFER (AIR)
Dapatkah manusia hidup tanpa air? Tentu tidak, karena air merupakan kebutuhan yang sangat vital bagi manusia dan mahkluk hidup lainnya. Berikut akan di bahas tentang air yang ada di bumi baik yang di permukaan tanah maupun di dalam tanah. Apa saja manfaatnya dan apa pula kerugian-kerugian yang dapat di sebabkan oleh air? Dalam materi hidrosfer ini akan dibahas lebih lanjut tentang air dengan segala aspek-aspeknya.
ENDURING UNDERSTANING:Air menjadi salah satu kebutuhan utama dan penting bagi keberlangsungan mahluk hidup di bumi, sehingga kita harus selalu berusaha menjaga kualitas air untuk mendukung ekosistem di bumi.
ESSENTIAL QUESTION:- Bagaimana sistem hidrologi saling mempengaruhi dan berdampak bagi kehidupan di bumi?
- Bagaimana mengelola air bersih yang baik untuk mengatasi keterbatasan air bersih di daerah tertentu?
LEARNING OBJECTIVES:- Peserta didik mampu membuat siklus hidrologi
- Peserta didik mampu menjelaskan skema lapisan air tanah
- Peserta didik mampu menjelaskan zona kedalaman laut
- Peserta didik mampu menganalisis pencemaran air dan ketersediaan air bersih serta langkah mengatasi pencemaran air dan keterbatasan air bersih
LIST OF LESSONS:Lesson 1 : Siklus Hidrologi (Perairan darat)
Lesson 2 : Perairan Darat
Lesson 3 : Perairan Laut
Lesson 4 : Membuat Filter Air Sederhana
Lesson 5: Demonstrasi Membuat Filter Air Sederhana
ASSESSMENTS:Formatif:
- Tes tertulis: aktivitas 1, 2 dan 3
- Tes lisan: presentasi
Sumatif:
- Membuat Filter Air Sederhana
- Bagaimana sistem hidrologi saling mempengaruhi dan berdampak bagi kehidupan di bumi?
-

SIKLUS HIDROLGI
Halo murid-murid yang terkasih...
Pembelajaran tentang siklus hidrologi merupakan suatu perjalanan yang mengagumkan dalam memahami betapa pentingnya air dalam kehidupan kita. Melalui pembelajaran ini, kita akan dibawa untuk menjelajahi perjalanan air dari awal hingga kembali ke sumbernya.
Dalam pembelajaran ini, tujuan utama kita adalah untuk memahami secara mendalam siklus air dan proses yang terjadi di dalamnya. Selain itu, pembelajaran ini juga bertujuan untuk mengklasifikasi air tanah dan mendorong upaya kelestariannya. Air tanah sebagai salah satu sumber air yang vital perlu kita pelajari dengan seksama untuk menjaga ketersediaannya bagi kehidupan masa kini dan masa depan.
Semoga pembelajaran ini memberikan manfaat yang besar bagi kita semua. Selamat belajar!
-
Students mustView
Selamat datang di Lesson 1. Sebelum kita masuk kedalam pembelajaran yang mendalam, silakan simak video pengantar terkait topik kita berikut ini. Dalam video pembelajaran tersebut juga terdapat beberapa pertanyan yang wajib dijawab saat menonton video.
Selamat menyaksikan!
-
Students mustMark as done
Secara berpasangan dengan rekan sebangku, silakan untuk berdiskusi kemudian menuliskan hasil diskusi di forum diskusi berikut!
Pertanyaan diskusi :
- Apakah mungkin jika di Indonesia, negara yang beriklim tropis, mengalami siklus hidrologi?
- Tunjukkan dan deskripsikan penyebab dan alasannnya!
- Mengapa air di muka bumi ini tidak pernah habis? Deskripsikan pendapat Anda!
-
Students mustView
Selajutnya, silakan menyimak video pembelajaran berikut ini mengenai Klasifikasi Air Tanah (Freatik dan Artesis). Dalam video pembelajaran terdapat beberapa pertanyan yang waji dijaab saat menonton vide.
Selamat belajar!
-
Students mustView
Untuk menguji pemahamanmu terkait materi yang sudah kita pelajari sejauh ini, silakan untuk mengerjakan soal formatf berikut dengan tepat, teliti dan berintegritas.
Materi : Siklus Hidrologi
TP :
Selamat mengerjakan!- Menjelaskan siklus air dan dan proses yang terjadi di dalamnya.
- Mengklasifikasi air tanah dan menjaga upaya kelestariannya
- Menjelaskan siklus air dan dan proses yang terjadi di dalamnya.
-

PERAIRAN DARAT
Halo murid-murid yang terkasih...
Selamat datang di Lesson 2 dengan topi pembelajaran Peraian Darat. Pada kesempatan ini, kita akan menjelajahi keindahan dan kegunaan dari tiga ekosistem air yang sangat penting: sungai, danau, dan rawa. Tujuan kita adalah untuk memahami karakteristik masing-masing perairan ini, mengklasifikasikannya, dan menggali beragam cara manusia memanfaatkannya untuk kehidupan sehari-hari.
Melalui perjalanan pembelajaran ini, diharapkan kita akan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang keanekaragaman perairan darat dan pentingnya menjaga keseimbangan ekosistem untuk kesejahteraan kita dan generasi mendatang. Ayo bersama-sama kita mulai menjelajahi dan menghargai keindahan dunia perairan darat! Selamat belajar.
-
Students mustViewSebelum kita memasuki pembelajaran yang lebih mendalam, silakan anda untuk mengakses video pembelajaran berikut mengenai Perairan Darat. Dalam video tersebut terdapat beberapa pertanyaan yang wajib dijawab oleh murid, silakan menjawab dengan tepat!
Selamat menyaksikan! -
Students mustView
Selanjutnya, kita akan masuk kedalam klasifikasi perairan darat yang pertama, yaitu rawa. Silakan untuk menyimak video pembelajaran berikut mengenai Klasifikasi Rawa dan Manfaatnya. Seperti biasa, dalam video pembelajaran terdapat beberapa pertanyaan yang hars dijawab, silakan menjawab dengan tepat!.
Selamat menyaksikan!
-
Students mustMark as doneMurid akan dibagi kedalam 5 kelompok besar, dan setiap kelompok akan mengeksplorasi topik berikut ini:
- Kelompok 1: Pencemaran sungai Ciliwung
- Kelompok 2: Pencemaran sungai Cisadane
- Kelompok 3: Penemaran sungai Barito
- Kelompok 4: Pencemaran Danau Rawa Pening
- Kelompok 5: Pencemaran Danau Toba
Silakan bersiskusi, sesuai dengan panduan yang akan diberikan oleh guru. Selamat berdiskusi!
-
Lembar Aktivitas 2 File
Berikut adalah Lembar Aktivitas yang akan digunakan dalam mengerjakan tugas kelompok. Silakan memperhatikan setiap panduan yang tertera didalamnya dengan baik.
Selamat mengerjakan!
Not available unless: The activity Forum Diskusi is marked complete -
Assessment Lembar Aktivitas 2 Assignment
Setelah mengerjakan Lembar Aktivitas Kelompok, silakan mengumpulkan hasil pengerjaannya kedalam folder berikut ini!
Not available unless: The activity Lembar Aktivitas 2 is marked complete -
Students mustMark as done
-

PERAIRAN LAUT
Halo murid-murid yang terkasih...
Selamat datang dalam pembelajaran yang mendalam mengenai geografi perairan laut! Pada kesempatan ini, kita akan menyelami keajaiban lautan yang luas dan misterius, serta mempelajari berbagai aspek yang memengaruhinya. Tujuan pembelajaran kita adalah untuk memahami karakteristik laut, mulai dari klasifikasi berdasarkan letak dan kedalamannya, hingga manfaat yang dapat diperoleh manusia dari keberadaannya.
Melalui pembelajaran ini, diharapkan kita akan mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang kompleksitas lautan serta pentingnya menjaga ekosistem laut untuk keseimbangan ekologis dan kesejahteraan manusia. Ayo mulai menjelajahi keajaiban lautan bersama-sama!
-
Video Pembelajaran 5: Pesisir, Kedalaman Laut dan Relief Dasar Laut H5P
Selamat datang di Lesson 3. Untuk mengawali kegiatan kamu dalam Lesson ini, kamu akan menyimak video pembelajaran mengenai Pesisir, Kedalaman Laut dan Relief Dasar Laut berikut ini. Dalam video tersebut, terdapat beberapa pertnyaan yang harus dijawab. Silakan menjawab dengan tepat dan membuat catatan terkait materi yang dijelaskan.
Selamat belajar!
Not available unless: The activity Refleksi is marked complete -
Students mustMark as doneSilakan bergabung dengan teman kelompokmu, dan membagikan pengalamanmu menikmati keindahan pantai.
- Ceritakanlah pengalamanmu menikmati keindahan pantai, ciri ciri fisik apa yang kamu amati dan masih bisa teringat!
-
Students mustMark as done
Murid akan dibagi kedalam kelompok besar. setiap kelompok perlu mengeksplorasi sesuai dengan pembagian topiknya. Kelompok akan mengeksplorasi manfaat laut bagi kehidupan manusia.
Selamat berdiskusi!- Kelompok 1: Perikanan
- Kelompok 2: Pertaian laut
- Kelompok 3: Sumber mineral
- Kelompok 4: Wisata
- Kelompok 5: Sarana transportasi
- Kelompok 6: Pengatur iklim
- Kelompok 7: Alat Hankam
- Kelompok 8: Sumber tambang
-
Panduan dan Lembar Aktivitas 3 Folder
Berikut adalah panduan dan lembar aktivitas yang bisa diakses oleh murid. Silakan menyimak segala panduan yang tertera dan mengisi lembar aktivitas dengan baik.
Selamat mengerakan!
Not available unless: The activity Lembar Aktivitas 3 is marked complete -
Assessment Lembar Aktivitas 3 Assignment
Setelah mengerjakan Lembar Aktivitas Kelompok, silakan mengumpulkan hasil pengerjaannya kedalam folder berikut ini!
Not available unless: The activity Panduan dan Lembar Aktivitas 3 is marked complete -
Students mustMark as done
LEMBAR AKTIVITAS 4
Air merupakan sumber kehidupan bagi makhluk hidup. Air sangat penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem lingkungan, karena kebutuhan dasar makhluk hidup. Kondisinya saat ini banyak terjadi pencemaran air di berbagai wilayah, penyebabnya pun juga bermacam-macam. Melalui tugas di lembar aktivitas 4 kalian diminta mengidentifikasi penyebab, dampak dan upaya pencemaran air.Setelah selesai dikerjakan, presentasikan di depan kelompok lain dengan bimbingan guru. Selamat mengerjakan! -
Lembar Aktivitas 4 File
Berikut adalah Lembar Aktivitas 4 yang akan dikerjakan oleh murid. Silakan mengerjakannya dengan tepat sesuai degan panduan pertanyaan didalamnya.
Selamat mengerjakan!
Not available unless: The activity LEMBAR AKTIVITAS 4Air merupakan sumber kehidupan b... is ... ...Not available unless: The activity LEMBAR AKTIVITAS 4Air merupakan sumber kehidupan b... is marked complete -
Assessment Lembar Aktivitas 4 Assignment
Silakan megumpulkan hasil pengerjaan Lembar Aktivitas 4 yang sudah anda kerjakan kedalam folder berikut ini!
Not available unless: The activity Lembar Aktivitas 4 is marked complete -
Students mustMark as done
-

SUMATIF - MEMBUAT FILTER AIR BERSIH
Halo murid-murid yang terkasih...
Selamat datang dalam penugasan sumatif dalam bidang geografi! Pada kesempatan ini, kita akan mengeksplorasi isu yang sangat penting: pencemaran air dan ketersediaan air bersih. Tujuan pembelajaran kita adalah untuk memahami dampak pencemaran air, menganalisis ketersediaan air bersih, serta merancang langkah-langkah untuk mengatasi masalah ini.
Dalam menyelesaikan tugas ini, Anda akan memainkan peran penting dalam upaya menjaga keberlanjutan bumi kita. Dengan memahami isu-isu seputar pencemaran air dan ketersediaan air bersih, serta merancang solusi yang inovatif dan berkelanjutan, Anda dapat menjadi bagian dari solusi untuk menjaga sumber daya alam yang sangat berharga ini bagi generasi mendatang. Ayo bersama-sama kita berkontribusi dalam menjaga kelestarian air dan lingkungan kita!
Selamat belajar!
-
Students mustMark as done
Ms. Teams
- Murid melakukan eksplorasi mengenai isu permasalahan air di lingkungan sekitar, cara mengatasinya serta alat yang digunakan untuk mengatasinya
- Murid melakukan elaborasi ide dan konsep alat penjernih air berdasarkan hasil eksplorasi di dalam kelompok
- Murid menyusun langkah-langkah membuat alat penjernih air
- Merancang dan menyiapkan alat dan bahan
- Murid melakukan pembuatan alat penjernih air sederhana
- Murid mengisi lembar aktivitas 5
- Murid mengisi lembar aktivitas 6
-
Lembar Aktivitas 5 File
Selanjutnya, silakan mengisi Lembar Aktivitas 5 berikut ini sesuai dengan panduan yang telah diberikan.
Selamat mengerjakan!
Not available unless: The activity Ms. TeamsMurid melakukan eksplorasi mengenai isu p... is ... ...Not available unless: The activity Ms. TeamsMurid melakukan eksplorasi mengenai isu p... is marked complete -
Assessment Lembar Aktivitas 5 Assignment
Silakan mengumpulkan hasil jawaban Lembar Aktivitas 5 yang sudah anda kerjakan kedalam folder berikut ini!
Not available unless: The activity Lembar Aktivitas 5 is marked complete -
Lembar Aktivitas 6 File
Silakan kembali mengisi Lembar Aktivtas 6 berikut ini untuk mempermudah dalam mengerjakan penugasan sumatif anda.
Selamat mengerjakan!
Not available unless: The activity Assessment Lembar Aktivitas 5 is marked complete -
Assessment Lembar Aktivitas 6 Assignment
Silakan mengumpulkan hasil jawaban Lembar Aktivitas 6 yang sudah anda kerjakan kedalam folder berikut ini!
Not available unless: The activity Lembar Aktivitas 6 is marked complete -

SUMATIF - MEMBUAT FILTER AIR BERSIH
Halo murid-murid yang terkasih...
Selamat datang dalam penugasan sumatif dalam bidang geografi! Materi di Lesson ini merupakan lajutan materi sebelumnya, yaitu: pencemaran air dan ketersediaan air bersih. Tujuan pembelajaran kita adalah untuk memahami dampak pencemaran air, menganalisis ketersediaan air bersih, serta merancang langkah-langkah untuk mengatasi masalah ini.
Dalam menyelesaikan tugas ini, Anda akan memainkan peran penting dalam upaya menjaga keberlanjutan bumi kita. Dengan memahami isu-isu seputar pencemaran air dan ketersediaan air bersih, serta merancang solusi yang inovatif dan berkelanjutan, Anda dapat menjadi bagian dari solusi untuk menjaga sumber daya alam yang sangat berharga ini bagi generasi mendatang. Ayo bersama-sama kita berkontribusi dalam menjaga kelestarian air dan lingkungan kita!
Selamat belajar!
-
Students mustMark as done
Ms. Teams
- Murid berkumpul bersama anggota kelompok
- Mereview dan finishing pembuatan alat penjernih air sederhana
- Murid melakukan finalisasi untuk alat penjernih air.
- Setiap kelompok mempresentasikan hasil kepada guru dan
anggota kelas.
- Setiap kelompok memberikan feedback untuk hasil karya
kelompok lain.
- Setiap kelompok menuliskan laporan proyek.
-
Students mustMark as done
Silakan mengisi refleksi dan evaluasi pribadi untuk proses pembelajaran yang berlangsung!
-
-

Berikut merupakan rancangan rangkaian pembelajaran mengenai topik Atmosfer. Selamat Belajar!
-
Students mustMark as done
COURSE DESCRIPTION:ATMOSFERApakah kondisi cuaca seperti hujan, cerah, dan berawan penting bagi kehidupan ? Jika ya, mengapa mengetahui kondisi cuaca itu penting? Jika tidak bagaimana dampaknya jika kita tidak mengetahui kondisi cuaca? Berikut akan di bahas tentang karakteristik lapisan atmosfer, menguraikan unsur cuaca, menguraikan tipe iklim, dan menguraikan karakteristik iklim Indonesia dan pengaruhnya terhadap aktivitas manusia
ENDURING UNDERSTANING:Dengan memahami dampak dari kerusakan atmosfer yang merupakan komponen penting pendukung kehidupan manusia, seharusnya akan mendorong kita untuk terus berupaya mencegah terjadinya kerusakan lapisan ozon dan peningakatan suhu yang dratis melalui tindakan bersama dalam kehidupan sehari-hari.
ESSENTIAL QUESTION:- Mengapa kerusakan ozon berdampak kepada perubahan iklim global?
- Bagaimana cara mencegah efek yang lebih besar dari kerusakan lapisan ozon?
LEARNING OBJECTIVES:- Murid mengidentifikasi lapisan atmosfer
- Murid menganalisis fenomena tiap lapisan atmosfer
- Murid mengidentifikasi unsur cuaca dan iklim
- Murid menjelaskan klasifikasi tipe iklim, mengaitkan karakteristik tipe iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap aktivitas manusia
- Murid mengidentifikasi perubahan iklim global.
- Murid menganalisis proses terjadinya beserta dampak dari global warming
LIST OF LESSONS:
ASSESSMENTS:Formatif:- Tes tertulis: aktivitas 1, 2, 3, dan 4
- Tes lisan: presentasi
Sumatif:
-

LAPISAN ATMOSFER DAN UNSUR-UNSUR CUACA DAN IKLIM
Halo murid-murid yang terkasih...
Selamat datang di Lesson 1 dengan topik pembelajaran Lapisan Atmosfer dan Unsur-unsur cuaca dan Iklim. Dalam Lesson ini, kita aka sama-sama belajar untuk:
- Mengidentifikasi susunan lapisan atmosfer
- Menjelaskan manfaat lapisan-lapisan atmosfer
- Membedakan pengertian cuaca dan iklim
- Menjelaskan unsur-unsur cuaca dan iklim
- Mendeskripsikan jenis angin
- Mendeskripsikan jenis awan
- Mendeskripsikan jenis hujan
-
Students mustViewAktivitas awal dalam lesson ini, anda akan menyimak video pembelajaran mengenai Susunan Lapisan Atmosfer dan Manfaat Lapisan Atmosfer. Silakan menyimak dengan baik, kemudian menjaab soal interaktif yang sudah disisipkan dalam video.
Selamat menyaksikan! -
Students mustMark as done
Pelangi menjadi salah satu gejala optik yang terjadi di atmosfer. Diskusikan dalam kelompok belajar Anda, bagaimana proses terjadinya pelangi? Tulislah hasil analisis tersebut kemudian kumpulkan kepada guru Anda. Tuliskan pula kepercayaan setempat tentang pelangi atau legendanya!
Selamat berdiskusi!
-
Students mustView
Selanjutnya, silakan untuk menyimak video pembelajaran mengenai Cuaca dan Iklim Beserta Unsur-Unsurnya berikut ini.
Selamat menyaksikan!
-
Students mustMark as done
Anda akan dibagi kedalam 5 kelompok, untuk mendiskusikan pertanyaan diskusi berikut dengan teman sekelopokmu!
- Kelompok 1: Apa peran awan dalam menentukan cuaca?
- Kelompok 2: Bagaimana proses terbentuknya hujan Orografis?
- Kelompok 3: Apa dampak hujan orografis terhadap wilayah yang berada di sekitar pegunungan?
- Kelompok 4: Apa dampak dari angin muson terhadap kondisi cuaca di suatu wilayah?
- Kelompok 5: Bagaimana manusia dapat memanfaatkan dan mengantisipasi jenis hujan tertentu?
Silakan menuliskan hasil jawaban kelompok kedalam forum diskusi berikut ini, untuk dapat didisksikan bersama.
Selamat belajar!
-
Students mustView
Setelah anda berdiskusi kelompok, silakan untuk menyimak video pembelajaran mengenai Jenis Angin, Jenis Awan, dan Jenis Hujan berikut ini.
Selamat menyaksikan!
-
Students mustViewMake a submission
Selanjutnya, secara individu slakan mengerjakan Lembar Aktivitas 2 berikut mengenai Fenomena Ilusi Optik. Silakan mengakses file berikut untuk menjawab pertanyaan yang sudah disediakan.
Jangan lupa untuk mengumpulkan hasil jawaban kedala folder berikut ini. Selamat mengerjakan!
-
Students mustMark as done
-

KLASIFIKASI IKLIM
Halo murid-murid yang terkasih...
Kembali lagi daam pembelajaran Geografi di Lesson 2, dengan topik pembelajaran Klasifikasi Iklim. Melalui pembelajaran ini, harapannya murid-murid mampu mendeskripsikan pembagian iklim menurut para ahli, serta mampu menjelaskan Pola curah hujan di Indonesia.
Mari kita mulai pembelajaran kita hari ini, selamat belajar!
-
Students mustView
Selamat datang di Lesson 2 dengan topik klasifkasi iklim. Untuk aktivitas awal di lesson ini, anda akan meyimak video lanjutan pembelajaran mengenai Klasifikasi Iklim Menurut Para Ahli berikut. Dalam video juga disisipkan beberapa pertanyaan interaktif, untuk itu silakan dijawab secara tepat.
Selamat menyaksikan!
-
Students mustMark as done
Secara berpasangan dengan rekan sebangku berdiskusi, kemudian menuliskan hasil diskusi di forum diskusi
Pertanyaan diskusi :
- Iklim Matahari merupakan klasifikasi iklim yang didasarkan oleh panas matahari yang diterima bumi. Berdasarkan garis lintang bujurnya apa perbedaan Iklim matahari anatara Indonesia dan Jepang ?
- Mengapa ketinggian tempat menjadi alasan bagi Junghuhn dalam membuat klasifikasi iklim?
-
Video Pembelajaran 5: Pola Curah Hujan di Indonesia H5P
Selanjutnya, silakan untuk menyimak video pembelajaran berikut menganai Pola Curah Hujan di Indonesia. Silakan mengamati video dengan seksama dan menjawab pertanyaan interaktif yang ada dalam video dengan tepat!
Selamat menyaksikan!
Not available unless: The activity Forum Diskusi is marked complete -
Lembar Aktivitas 3 Assignment
Silakan untuk mengakses file berikut, kemudian mengerjakanya sesuai dengan panduan yang ada. Silakan mengerjakannya dengan tepat, karena Lembar Aktivitas ini akan masuk kedalam penilaian formatif murid.
Jangan lupa untuk mengumpulkan file yang sudah dikerjakan kedalam folder berikut ini. Selamat belajar!
Not available unless: The activity Video Pembelajaran 5: Pola Curah Hujan di Indonesia is marked ... ...Not available unless: The activity Video Pembelajaran 5: Pola Curah Hujan di Indonesia is marked complete -

MANFAAT IKLIM DAN CUACA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
Halo murid-murid yang terkasih...
Selamat datang di Lesson 3 dengan topik pembelajaran Manfaat Iklim dan Cuaca dalam Kehidupan Sehari-Hari. Dalam lesson ini, kita akan sama-sama belajar menganalisis peranan atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi, serta menganalisis perubahan iklim global terhadap kehidupan manusia di muka bumi.
Mari kita mulai pembelajaran kita, selamat belajar!
-
Video Pembelajaran 6: Manfaat Atmosfer (Cuaca dan Iklim) H5P
Selamat datang di Lesson 3. Untuk melanjutkan topik pembelajaran kita ang sudah dibahas sebelumnya, silakan untuk menyimak video berikut mengenai Manfaat Atmosfer (Cuaca dan Iklim).
Selamat meyaksikan!
Not available unless: The activity Lembar Aktivitas 3 is marked complete -
Video Pembelajaran 7: Perubahan Iklim Global H5P
Selanjutnya, anda akan menyimak video lanjutan dari video sebelumnya yaitu mengenai Perubahan Iklim Global.
Selamat menyaksikan!
Not available unless: The activity Video Pembelajaran 6: Manfaat Atmosfer (Cuaca dan Iklim) is ... ...Not available unless: The activity Video Pembelajaran 6: Manfaat Atmosfer (Cuaca dan Iklim) is marked complete -
Lembar Aktivitas 4 Assignment
Topik diskusi : Perubahan iklim global
Anda kaan dibagi kedalam beberapa kelompok, setiap kelompok yang sudah dibagi akan menjawab pertanyaan yang ada dalam file berikut. Silakan setiap kelompok menjawab pertanyaan denan tepat dengan menggunakan panduan yang sudah dsediakan.
Secara bergiliran, setiap kelompok akan mempresentasikan hasil pengerjaannya didepan kelas. Jangan lupa perwakilan kelompok untuk mengumpulkan hasil pengerjaannya kedalam folder berikut ini. Silakan kelompok yang lain menanggapi hasil pengerjaan kelompok lainnya, bisa juga mengajukan saran dan pertanyaan terbuka.
Selamat mengerjakan!
Not available unless: The activity Video Pembelajaran 7: Perubahan Iklim Global is marked complete -
Students mustMark as done
Simak video Pemanasan Global berikut ini!
Selama periode pemanasan global, mereka menemukan, bahwa lapisan es menyusut hingga 600 meter per hari. Laju penurunan tersebut ternyata 20 kali lebih cepat dari yang pernah diukur sebelumnya.
Solusi untuk Pemanasan Global :- Mengurangi emisi gas rumah kaca
- Konservasi hutan dan penghijauan
- Pengembangan teknologi bersih
- Kerjasama Internasional ( mengurangi emisi dan adopsi teknologi ramah lingkungan)
-
Students mustMark as done
Selanjutnya, silakan untuk mengerjakan kuis berikut ini secara individu dengan tepat dan penuh integritas. Pengerjaan kuis ini dlakukan untuk menguji pemahaman anda terkait materi yang sudah kita pelajari mengenai Atmoser.
Selamat mengerjakan!
-

PERUBAHAN IKLIM GLOBAL
Halo murid-murid yang terkasih...
Selamat datang dalam pembelajaran kami tentang perubahan iklim global dan efek pemanasan global yang berkaitan dengannya. Dalam sesi pembelajaran ini, kita akan mempelajari fenomena perubahan iklim global secara lebih mendalam, serta mendiskusikan berbagai efek yang ditimbulkannya terhadap lingkungan dan kehidupan manusia.
Dengan pengetahuan yang diperoleh dari pembelajaran ini, tugas Sumatif kita adalah membuat poster yang informatif dan menginspirasi tentang efek pemanasan global. Poster ini akan menjadi sarana untuk menyampaikan pesan penting kepada masyarakat tentang urgensi perlindungan lingkungan dan upaya bersama untuk mengatasi perubahan iklim global.
Mari kita mulai perjalanan pembelajaran ini dengan semangat dan keinginan untuk belajar dan berkontribusi dalam menjaga bumi kita. Selamat belajar!
-
Students mustMark as done
Peserta didik secara berkelompok melakukan suatu project, yakni merancang suatu alat inovasi pencegahan dampak tenaga endogen dan eksogen. Topik meliputi tsunami dan mass wasting. Project harus memenuhi 3 poin:
- Analisis proses terjadinya bencana
- Analisis cara kerja BMKG dalam memprediksi/mendeteksi bencana
- Merancang inovasi alat pencegahan atau upaya penyelamatan dari dampak tenaga endogen dan eksogen
-
Students mustMark as done
Berikut adalah skenario tugas yang bisa diperhatikan, sebelum mengerjakan tugas sumatif.
Selamat mengerjakan!
-
-
Students mustMark as done
Berikut adalah lampiran file Jurnal Proses uang wajib untuk diisi oleh kelompok untuk mengetahui progres pengerjaan sumatifnya. Anda akan menerjakannya secara berpasangan, kemudian menyerahkan hasil rancangan kegiatan untuk dievaluasi guru. Kemudian, anda dengan teman sekelompok akan melaksanakan kegiatan berdasarkan perencanaan yang telah disetujui oleh guru.
Selamat mengerjakan!
-
Refleksi Feedback
Aktivitas terakhir dalam topik pembelajaan ini, silakan untuk memberikan gambaran kasar / kerangka alur pengetahuan yang sudah dipelajari. Kemdudian ada akan mengisi refleksi pengerjaan pertemuan hari ini berdasarkan target yang telah ditentukan berikut.
Sampai jumpa dipembelajaran berikutnya!
Not available unless: The activity Jurnal Proses Pemanasan Global is marked complete
-


