Topic outline
Pengantar Dasar Geografi
COURSE DESCRIPTION:
PENGANTAR DASAR GEOGRAFISebagai makhluk hidup yang tinggal di muka bumi, hidup kita banyak dipengaruhi oleh keadaan alam. Jadi, sudah selayaknya saya harus mengenali sifat dan gejala yang terjadi di permukaan bumi. Dalam pelajaran Pengantar Geografi ini kita akan menemukan konsep geografi dari berbagai sumber, bagaimana melihat fenomena alam dan masalah lingkungan dengan pendekatan dan prinsip geografi, mengelompokkan fenomena dalam beberapa aspek geografi.ENDURING UNDERSTANING:
Mensyukuri akal budi yang diberikan Allah kepada manusia untuk merekam segala ciptaan melalui setiap aplikasi yang ditemukan manusia. Kita hendaknya memanfaatkannya dengan baik dalam rencana pengelolaan bumi dan mempermudah aktivitas sehari-hari.ESSENTIAL QUESTION:
- Apa saja cakupan geosfer sebagai konsep geografi?
- Bagaimana tindakan yang seharusnya kita lakukan dalam meresponi penopangan Tuhan akan alam semesta.
LEARNING OBJECTIVES:
3.1 Memahami pengetahuan dasar geografi dan terapannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.1 Menyajikan contoh penerapan pengetahuan dasar geografi pada kehidupan sehari-hari dalam bentuk tulisanLIST OF LESSONS:
ASSESSMENTS:
Formatif:Sumatif:
- Tes Tertulis
PERKEMBANGAN ILMU GEOGRAFI, OBYEK STUDI, DAN ASPEK GEOGRAFI
Halo murid-murid terkasih....
Selamat datang dalam pembelajaran geografi. Pada kesempatan ini, kita akan membahas topik penting yaitu "Perkembangan Ilmu Geografi, Objek Studi, dan Aspek Geografi". Melalui pembelajaran ini, kita berharap untuk mencapai beberapa tujuan utama:
- Menjelaskan Pengertian Geografi: Memahami definisi dan konsep dasar geografi.
- Memahami Sejarah Perkembangan Ilmu Geografi: Mengenal perjalanan dan perkembangan ilmu geografi dari zaman kuno hingga modern.
- Menjelaskan Objek Studi Geografi: Mengetahui fokus utama dari studi geografi, termasuk fenomena alam dan aktivitas manusia.
- Menjelaskan Aspek Geografi: Memahami berbagai aspek geografi, baik fisik maupun sosial, serta bagaimana keduanya saling berinteraksi.
Semoga pembelajaran ini dapat memperkaya pengetahuan dan pemahaman kamu tentang geografi. Selamat belajar!
Selamat datang di Lesson 1. Untuk memperkenalkan kamu terhadap materi yang akan kita pelajari kedepannya, silakan untuk menyimak video pembelajaran berikut mengenai Pengertian Geografi, Sejarah Geografi dan Objek Geografi.
Selamat menyaksikan!
Selanjutnya, silakan menyimak video lanjutan berikut mengenai Objek Geografi dan Aspek Geografi.
Selamat menyaksikan!
Berikut adalah LKS 1 yang akan kamu kerjakan. Silakan simak dan ikuti panduan LKS yang sudah dicatumkan didalamnya. Kamu juga akan mengerjakannya bersama dengan teman kelompokmu (1 kelompok berisikan 3 siswa), untuk itu silakan berdiskusi bersama dan mengumpulkan hasil diskusi pada assignment di bawah ini (seluruh anggota mengumpulkan)
Selamat mengerjakan!
- Silakan mengumpulkan LKS 1 yang sudah kamu kerjakan bersama teman pasanganmu kedalam folder berikut ini!
- PENDEKATAN, KONSEP DAN PRINSIP GEOGRAFIHalo murid-murid terkasih....Selamat datang dalam pembelajaran geografi. Pada kesempatan ini, kita akan membahas topik penting yaitu "Pendekatan, Konsep, dan Prinsip Geografi". Melalui pembelajaran ini, kita berharap untuk mencapai beberapa tujuan utama:
- Menjelaskan Pendekatan Geografi: Memahami berbagai pendekatan yang digunakan dalam studi geografi, seperti pendekatan keruangan, ekologi, dan kompleks wilayah.
- Menjelaskan Konsep Esensial Geografi: Mengenal konsep-konsep dasar yang menjadi landasan dalam ilmu geografi, seperti lokasi, tempat, jarak, skala, dan intera
- Menjelaskan Prinsip-Prinsip Geografi: Memahami prinsip-prinsip yang menjadi dasar dalam analisis geografi, seperti prinsip persebaran, interaksi, keterkaitan keruangan, dan deskripsi.
Semoga pembelajaran ini dapat memperkaya pengetahuan dan pemahaman kita tentang geografi. Selamat belajar! Sebagai aktivitas awal di Lesson ini, kamu akan menyimak video pembelajaran berikut mengenai Konsep Pendekatan, dan Prinsip Geografi.
Selamat menyaksikan!Setelah menyimak Video Pembelajaran 3, silakan berdiskusi dengan teman sekelompokmu dan menjawab pertanyaan yang ada di LKS berikut ini. Perwakilan setiap kelompok akan menuliskan jawaban hasil diskusi kedalam forum diskusi setelah aktivitas berikut ini.
Selamat berdiskusi dan selamat mengerjakan!
- Silakan mengumpulkan LKS 2 yang sudah kamu kerjakan bersama teman pasanganmu kedalam assignment berikut ini!
Peta, Penginderaan Jauh dan SIG
Berikut merupakan rancangan rangkaian pembelajaran mengenai topik Peta, Penginderaan Jauh dan SIG. Selamat Belajar!COURSE DESCRIPTION:
PETA, PENGINDERAAN JAUH DAN SIGUntuk mengkaji ruang diperlukan peta. Peta tidak hanya dicetak pada kertas, melainkan juga peta digital yang dapat diakses melalui komputer maupun ponsel. PJ dan SIG dapat dijadikan alat bantu untuk menganalisis terhadap fenomena di permukaan bumi.ENDURING UNDERSTANING:
Mensyukuri akal budi yang diberikan Allah kepada manusia untuk merekam segala ciptaan melalui setiap aplikasi yang ditemukan manusia. Kita hendaknya memanfaatkannya dengan baik dalam rencana pengelolaan bumi dan mempermudah aktivitas sehari-hari.ESSENTIAL QUESTION:
- Bagaimana penggunaan Peta, PJ, dan SIG dalam rencana pengelolaan wilayah?
- Bagaimana penggunaan peta dalam kehidupan sehari-hari?
LEARNING OBJECTIVES:
3.2 Memahami dasar-dasar pemetaan, Pengindraan Jauh, dan Sistem Informasi Geografis (SIG)
4.2 Membuat Peta Indonesia sesuai dengan unsur-unsur peta yang di tetapkan
LIST OF LESSONS:
Lesson 1 : Dasar-Dasar Pemetaan
Lesson 2 : Pengetahuan Dasar Penginderaan Jauh
Lesson3 : Pengetahuan Dasar SIG
ASSESSMENTS:
Formatif: Tes Tertulis- Quiz tentang Peta
- Quiz tentang PJ
- Quiz tentang SIG
Sumatif: Tes Tertulis
DASAR - DASAR PEMETAAN
Halo murid-murid terkasih....
Selamat datang pada Lesson 1 topik Dasar-Dasar Pemetaan. Melalui pembelajaran ini, murid diharapkan mampu memahami konsep dasar peta, mengidentifikasi unsur-unsur atau komponen peta, mengelompokkan jenis peta dan mengelompokkan proyeksi peta.
Selamat belajar dan Tuhan Yesus memberkati
Selamat datang pada lesson 1. Sebelum kita akan masuk lebih jauh ke dalam pembelajaran kita hari ini, kamu akan menyimak video pendahuluan mengenai topik Peta dan SIG berikut!
Selamat menyaksikan!
Selanjutnya, silakan kamu simak video tentang Konsep dasar peta : Pengertian, fungsi, dan komponen peta berikut! Pada akhir video ada kuis yang harus dijawab oleh murid. Semangat!
- Silakan simak video berikut tentang jenis peta (berdasarkan isi, bentuk, skala) dan proyeksi peta ( azimuthal, kerucut dan silinder) Pada akhir video ada kuis yang harus dijawab oleh muridSelamat mengerjakan!
- PENGINDERAAN JAUH
Halo murid-murid terkasih....Selamat datang pada Lesson 2 topik Penginderaan Jauh. Melalui pembelajaran ini, murid diharapkan mampu memahami konsep dasar penginderaan jauh, mengidentifikasi komponen Penginderaan Jauh dan jenis Citra Penginderaan Jauh.Selamat belajar dan Tuhan Yesus memberkati Pada awal lesson 2 ini, kamu akan menyimak video tentang konsep dasar Penginderaan jauh.
Simak dengan baik-baik ya!
Setelah menyimak video pembelajaran, sebutkan 4 komponen (dari 7 komponen) Penginderaan Jauh! Tuliskan jawaban kalian pada forum ini. Kamu juga dipersilakan untuk memberikan tanggapan maupun komentar terhadap jawaban temanmu melalui folder diskusi ini!
- Kamu akan bergabung dalam kelompok, setiap kelompok terdiri atas 4 orang dan tiap-tiap kelompok akan mengerjakan latihan Interpretasi Penginderaan Jauh. Berikut file soal yang akan dikerjakan.Semangat!
Setelah berdiskusi dan menjawab pertanyaan kelompok, silahkan submit hasil pengerjaan tugas kelompok kedalam folder berikut ini!
Untuk melihat seberapa jauh pemahaman kamu terkait dengan materi yang sudah kita pelajari hari ini, secara individual silakan menjawab beberapa pertanyaan berikut!
Selamat mengerjakan!
PEGETAHUAN DASAR SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS
Halo murid-murid terkasih....
Selamat datang pada Lesson 1 topik Bumiku BerubahPengetahuan Dasar Sistem Informasi Georafis. Melalui pembelajaran ini, murid diharapkan mampu memahami konsep dasar SIG, mengidentifikasi komponen SIG da tahapan Kerja SIG.
Selamat belajar dan Tuhan Yesus memberkati 😊
Selamat datang di lesson 1. awal kegiatan yang akan kamu lakukan sebelum masuk ke dalam pembelajaran yang lebih dalam adalah membaca artikel mengenai Pemanfaatan SIG untuk pemetaan persebaran kejadian Covid. Kemudian kamu akan menuliskan pendapat dalam forum diskusi.
Selamat membaca!
- Kumpulkan jawaban anda dengan menulis dalam forum diskusi berikut!
Setelah membaca artikel PDF 1 yang berjudul “Pemanfaatn SIG untuk Pemetaan SIG untuk Sebaran Covid-19”, silahkan jawab pertanyaan berikut!
- Jelaskan bagaimana mengetahui persebaran virus lewat SIG ?
- Apa tantangan SIG dengan menggunakan Data temporal Besar?
Kita akan melanjutkan pembelajaran kita dan kamu akan menyimak video konsep dasar SIG berikut ini!
Dalam akhir video ada kuis yang harus dijawab oleh murid sebelum melanjutkan ke dalam topik selanjutnya
Setelah menyimak video sebelumnya, secara individu kamu akan menjawab pertanyaan berikut ini!
software yang mendukung program SIG dan
hasil akhir dari tahap KELUARAN berupa apa saja
Litosfer
Berikut merupakan rancangan pembelajaran Geografi kelas X pada topik Litosfer. Selamat belajar!
COURSE DESCRIPTION:
LITOSFER
Untuk memahami kondisi geografis di permukaan bumi, khususnya di Indonesia, perlu mempelajari konsep dasar fenomena geosfer. Salah satu fenomena geosfer yang akan kita pelajari adalah litosfer. Beberapa contoh fenomena llitosfer yang akan dipelajari adalah struktur perlapisan bumi, jenis batuan penyusun kulit bumi, proses endogen dan eksogen.
ENDURING UNDERSTANING:
Melalui kesadaran terhadap dampak tenaga endogen kita harus bijaksana dalam menghadapinya yang dimulai dari pemahaman penyebab terjadinya serta membangun kewaspadaan atas dampak yang ditimbulkan.
ESSENTIAL QUESTION:
- Bagaimana Allah merancang proses tenaga geologi sehingga dapat memengaruhi permukaan bumi?
- Bagaimana pengaruh tenaga Geologi pada tempat tinggal yang kita saat ini?
LEARNING OBJECTIVES:
A.6 Peserta didik mampu merangkaikan stuktur lapisan bumi beserta fungsinya
A.7 Peserta didik mampu merangkaikan proses pembentukan batuan dan tanah
A.8 Peserta didik mampu menganalisis tenaga geologi pembentuk permukaan bumi
LIST OF LESSONS:
Lesson 1 : Struktur Pelapisan Bumi
Lesson 2 : Tenaga Endogen
Lesson 3 : Tenaga Eksogen
Lesson 4 : Sumatif
ASSESSMENTS:
Formatif:
- Menggambar siklus batuan & tanah
- Quiz ; Tektonisme
- Quiz : Vulkanisme
Sumatif:
- To be Announced
- Bagaimana Allah merancang proses tenaga geologi sehingga dapat memengaruhi permukaan bumi?
STRUKTUR PELAPISAN BUMI
Selamat datang dalam pembelajaran struktur pelapisan bumi! Program ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang tiga aspek utama: Sejarah Pembentukan Bumi, Struktur Pelapisan Kulit Bumi, dan Siklus serta Klasifikasi Batuan. Dalam perjalanan ini, kita akan menjelajahi keajaiban evolusi bumi dan menyelami rahasia struktur geologisnya.
Mari kita bersama-sama memulai perjalanan ini untuk memahami struktur-struktur yang ada di permukaan bumi ini. Selamat belajar!
Selamat datang di Lesson 1. Untuk memperkenalkan materi yang akan kita bahas dalam pembelajaran kali ini, silakan simak video berikut ini!
Untuk menambah pengetahuan awal, kamu akan menyimak video tentang Teori Perkembangan Bumi berikut ini!
Untuk membimbing pelatihan kamu, silakan kembali simak video pembelajaran berikut mengenai Struktutr Lapisan Bumi
TENAGA ENDOGEN
Selamat datang di Lesson 2. Dalam lesson ini, kita akan memasuki dunia yang penuh misteri dan kekuatan dahsyat dari dalam bumi, yang dikenal sebagai tenaga endogen. Melalui perjalanan pembelajaran ini, kita akan memahami secara lebih mendalam mengenai tiga fenomena geologis utama, yaitu Tektonisme, Vulkanisme, dan Seisme, yang menciptakan dan membentuk permukaan bumi seperti yang kita kenal hari ini.Selain itu, kita akan mengulas dampak secara keseluruhan dari tenaga endogen terhadap kehidupan di bumi. Bagaimana perubahan bentuk lahan, munculnya pegunungan, dan perkembangan ekosistem dipengaruhi oleh fenomena-fenomena ini?
Untuk itu mari segera kita mulai pembelajaran kita, selamat belajar!
Selamat datang di Lesson 2. Silakan menyimak video pengantar tektonisme berikut sebelum melanjut ke pembelajaran lebih lanjut!
Silakan menyimak video mengenai Tektonisme berikut ini untuk memperlengkapi pemahaman kamu!
Selanjutnya, kamu akan menyimak video mengenai Vulkanisme berikut!
Selamat menyaksikan!
Mari kita sama-sama melihat bagaimana perkembangan pergerakan lempeng tektonik dari tahun ke tahun!
Selamat menyaksikan!
- Selamat datang di Lesson 3. Awal Lesson ini kamu akan diperlengkapi dengan video pembelajaran Tenaga Eksogen. Simak video berikut sebelum kita menggali lebih dalam mengenai materi Tenaga Eksogen.
Selamat menyaksikan! Setelah menyimak video sebelumnya, silakan jawab pertanyaan berikut!
Tuliskan pengertian erosi, sedimentasi, pelapukan, dan mass wasting yang kalian ketahui setelah menyimak video sebelumnya.
Selanjutnya, silakan simak video berikut mengenai Erosi dan Pelapukan!
Atmosfer
Berikut merupakan rancangan rangkaian pembelajaran mengenai topik Atmosfer. Selamat Belajar!
COURSE DESCRIPTION:
ATMOSFERApakah kondisi cuaca seperti hujan, cerah, dan berawan penting bagi kehidupan ? Jika ya, mengapa mengetahui kondisi cuaca itu penting? Jika tidak bagaimana dampaknya jika kita tidak mengetahui kondisi cuaca? Berikut akan di bahas tentang karakteristik lapisan atmosfer, menguraikan unsur cuaca, menguraikan tipe iklim, dan menguraikan karakteristik iklim Indonesia dan pengaruhnya terhadap aktivitas manusiaENDURING UNDERSTANING:
Dengan memahami dampak dari kerusakan atmosfer yang merupakan komponen penting pendukung kehidupan manusia, seharusnya akan mendorong kita untuk terus berupaya mencegah terjadinya kerusakan lapisan ozon dan peningakatan suhu yang dratis melalui tindakan bersama dalam kehidupan sehari-hari.ESSENTIAL QUESTION:
- Mengapa kerusakan ozon berdampak kepada perubahan iklim global?
- Bagaimana cara mencegah efek yang lebih besar dari kerusakan lapisan ozon?
LEARNING OBJECTIVES:
- Murid mengidentifikasi lapisan atmosfer
- Murid menganalisis fenomena tiap lapisan atmosfer
- Murid mengidentifikasi unsur cuaca dan iklim
- Murid menjelaskan klasifikasi tipe iklim, mengaitkan karakteristik tipe iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap aktivitas manusia
- Murid mengidentifikasi perubahan iklim global.
- Murid menganalisis proses terjadinya beserta dampak dari global warming
LIST OF LESSONS:
ASSESSMENTS:
Formatif:- Tes tertulis: aktivitas 1, 2, 3, dan 4
- Tes lisan: presentasi
Sumatif:
LAPISAN ATMOSFER DAN UNSUR-UNSUR CUACA DAN IKLIM
Halo murid-murid yang terkasih...
Selamat datang di Lesson 1 dengan topik pembelajaran Lapisan Atmosfer dan Unsur-unsur cuaca dan Iklim. Dalam Lesson ini, kita aka sama-sama belajar untuk:
- Mengidentifikasi susunan lapisan atmosfer
- Menjelaskan manfaat lapisan-lapisan atmosfer
- Membedakan pengertian cuaca dan iklim
- Menjelaskan unsur-unsur cuaca dan iklim
- Mendeskripsikan jenis angin
- Mendeskripsikan jenis awan
- Mendeskripsikan jenis hujan
- Aktivitas awal dalam lesson ini, anda akan menyimak video pembelajaran mengenai Susunan Lapisan Atmosfer dan Manfaat Lapisan Atmosfer. Silakan menyimak dengan baik, kemudian menjaab soal interaktif yang sudah disisipkan dalam video.
Selamat menyaksikan! Pelangi menjadi salah satu gejala optik yang terjadi di atmosfer. Diskusikan dalam kelompok belajar Anda, bagaimana proses terjadinya pelangi? Tulislah hasil analisis tersebut kemudian kumpulkan kepada guru Anda. Tuliskan pula kepercayaan setempat tentang pelangi atau legendanya!
Selamat berdiskusi!
Selanjutnya, silakan untuk menyimak video pembelajaran mengenai Cuaca dan Iklim Beserta Unsur-Unsurnya berikut ini.
Selamat menyaksikan!
untuk lebih memahami mengenai materi Cuaca dan Iklim silahkan kerjakan instruksi dan jawab pertanyaan di bawah ini dalam bentuk mindmapping.
Setelah anda berdiskusi kelompok, silakan untuk menyimak video pembelajaran mengenai Jenis Angin, Jenis Awan, dan Jenis Hujan berikut ini.
Selamat menyaksikan!
Selanjutnya, secara individu slakan mengerjakan Lembar Aktivitas 2 berikut mengenai Fenomena Ilusi Optik. Silakan mengakses file berikut untuk menjawab pertanyaan yang sudah disediakan.
Jangan lupa untuk mengumpulkan hasil jawaban kedala folder berikut ini. Selamat mengerjakan!
Untuk mengakhiri pembelajaran di Lesson 1 ini, silakan untuk mengisi refleksi dan insight yang kamu dapatkan selama pembelajaran berlansung!
KLASIFIKASI IKLIM
Halo murid-murid yang terkasih...
Kembali lagi daam pembelajaran Geografi di Lesson 2, dengan topik pembelajaran Klasifikasi Iklim. Melalui pembelajaran ini, harapannya murid-murid mampu mendeskripsikan pembagian iklim menurut para ahli, serta mampu menjelaskan Pola curah hujan di Indonesia.
Mari kita mulai pembelajaran kita hari ini, selamat belajar!
Selamat datang di Lesson 2 dengan topik klasifkasi iklim. Untuk aktivitas awal di lesson ini, anda akan meyimak video lanjutan pembelajaran mengenai Klasifikasi Iklim Menurut Para Ahli berikut. Dalam video juga disisipkan beberapa pertanyaan interaktif, untuk itu silakan dijawab secara tepat.
Selamat menyaksikan!
Secara berpasangan dengan rekan sebangku berdiskusi, kemudian menuliskan hasil diskusi di forum diskusi
Pertanyaan diskusi :
- Iklim Matahari merupakan klasifikasi iklim yang didasarkan oleh panas matahari yang diterima bumi. Berdasarkan garis lintang bujurnya apa perbedaan Iklim matahari anatara Indonesia dan Jepang ?
- Mengapa ketinggian tempat menjadi alasan bagi Junghuhn dalam membuat klasifikasi iklim?
Selanjutnya, silakan untuk menyimak video pembelajaran berikut menganai Pola Curah Hujan di Indonesia. Silakan mengamati video dengan seksama dan menjawab pertanyaan interaktif yang ada dalam video dengan tepat!
Selamat menyaksikan!
Selanjutnya, anda akan menyimak video lanjutan dari video sebelumnya yaitu mengenai Perubahan Iklim Global.
Selamat menyaksikan!
Simak video Pemanasan Global berikut ini!
Selama periode pemanasan global, mereka menemukan, bahwa lapisan es menyusut hingga 600 meter per hari. Laju penurunan tersebut ternyata 20 kali lebih cepat dari yang pernah diukur sebelumnya.
Solusi untuk Pemanasan Global :- Mengurangi emisi gas rumah kaca
- Konservasi hutan dan penghijauan
- Pengembangan teknologi bersih
- Kerjasama Internasional ( mengurangi emisi dan adopsi teknologi ramah lingkungan)
Selanjutnya, silakan untuk mengerjakan kuis berikut ini secara individu dengan tepat dan penuh integritas. Pengerjaan kuis ini dlakukan untuk menguji pemahaman anda terkait materi yang sudah kita pelajari mengenai Atmoser.
Selamat mengerjakan!
PERUBAHAN IKLIM GLOBAL
Halo murid-murid yang terkasih...
Selamat datang dalam pembelajaran kami tentang perubahan iklim global dan efek pemanasan global yang berkaitan dengannya. Dalam sesi pembelajaran ini, kita akan mempelajari fenomena perubahan iklim global secara lebih mendalam, serta mendiskusikan berbagai efek yang ditimbulkannya terhadap lingkungan dan kehidupan manusia.
Dengan pengetahuan yang diperoleh dari pembelajaran ini, tugas Sumatif kita adalah membuat poster yang informatif dan menginspirasi tentang efek pemanasan global. Poster ini akan menjadi sarana untuk menyampaikan pesan penting kepada masyarakat tentang urgensi perlindungan lingkungan dan upaya bersama untuk mengatasi perubahan iklim global.
Mari kita mulai perjalanan pembelajaran ini dengan semangat dan keinginan untuk belajar dan berkontribusi dalam menjaga bumi kita. Selamat belajar!
Peserta didik secara berkelompok melakukan suatu project, yakni merancang suatu alat inovasi pencegahan dampak tenaga endogen dan eksogen. Topik meliputi tsunami dan mass wasting. Project harus memenuhi 3 poin:
- Analisis proses terjadinya bencana
- Analisis cara kerja BMKG dalam memprediksi/mendeteksi bencana
- Merancang inovasi alat pencegahan atau upaya penyelamatan dari dampak tenaga endogen dan eksogen
Berikut adalah skenario tugas yang bisa diperhatikan, sebelum mengerjakan tugas sumatif.
Selamat mengerjakan!
Berikut adalah lampiran file Jurnal Proses uang wajib untuk diisi oleh kelompok untuk mengetahui progres pengerjaan sumatifnya. Anda akan menerjakannya secara berpasangan, kemudian menyerahkan hasil rancangan kegiatan untuk dievaluasi guru. Kemudian, anda dengan teman sekelompok akan melaksanakan kegiatan berdasarkan perencanaan yang telah disetujui oleh guru.
Selamat mengerjakan!
Aktivitas terakhir dalam topik pembelajaan ini, silakan untuk memberikan gambaran kasar / kerangka alur pengetahuan yang sudah dipelajari. Kemdudian ada akan mengisi refleksi pengerjaan pertemuan hari ini berdasarkan target yang telah ditentukan berikut.
Sampai jumpa dipembelajaran berikutnya!
COURSE DESCRIPTION:
PETA, PENGINDERAAN JAUH DAN SIGUntuk mengkaji ruang diperlukan peta. Peta tidak hanya dicetak pada kertas, melainkan juga peta digital yang dapat diakses melalui komputer maupun ponsel. PJ dan SIG dapat dijadikan alat bantu untuk menganalisis terhadap fenomena di permukaan bumi.ENDURING UNDERSTANING:
Mensyukuri akal budi yang diberikan Allah kepada manusia untuk merekam segala ciptaan melalui setiap aplikasi yang ditemukan manusia. Kita hendaknya memanfaatkannya dengan baik dalam rencana pengelolaan bumi dan mempermudah aktivitas sehari-hari.ESSENTIAL QUESTION:
- Bagaimana penggunaan Peta, PJ, dan SIG dalam rencana pengelolaan wilayah?
- Bagaimana penggunaan peta dalam kehidupan sehari-hari?
LEARNING OBJECTIVES:
3.2 Memahami dasar-dasar pemetaan, Pengindraan Jauh, dan Sistem Informasi Geografis (SIG)
4.2 Membuat Peta Indonesia sesuai dengan unsur-unsur peta yang di tetapkan
LIST OF LESSONS:
Lesson 1 : Dasar-Dasar Pemetaan
Lesson 2 : Pengetahuan Dasar Penginderaan Jauh
Lesson3 : Pengetahuan Dasar SIG
ASSESSMENTS:
Formatif: Tes Tertulis- Quiz tentang Peta
- Quiz tentang PJ
- Quiz tentang SIG
Sumatif: Tes Tertulis
DASAR - DASAR PEMETAAN
Halo murid-murid terkasih....
Selamat datang pada Lesson 1 topik Dasar-Dasar Pemetaan. Melalui pembelajaran ini, murid diharapkan mampu memahami konsep dasar peta, mengidentifikasi unsur-unsur atau komponen peta, mengelompokkan jenis peta dan mengelompokkan proyeksi peta.
Selamat belajar dan Tuhan Yesus memberkati
Selamat datang pada lesson 1. Sebelum kita akan masuk lebih jauh ke dalam pembelajaran kita hari ini, kamu akan menyimak video pendahuluan mengenai topik Peta dan SIG berikut!
Selamat menyaksikan!
Selanjutnya, silakan kamu simak video tentang Konsep dasar peta : Pengertian, fungsi, dan komponen peta berikut! Pada akhir video ada kuis yang harus dijawab oleh murid. Semangat!
- Silakan simak video berikut tentang jenis peta (berdasarkan isi, bentuk, skala) dan proyeksi peta ( azimuthal, kerucut dan silinder) Pada akhir video ada kuis yang harus dijawab oleh muridSelamat mengerjakan!
- PENGINDERAAN JAUH
Halo murid-murid terkasih....Selamat datang pada Lesson 2 topik Penginderaan Jauh. Melalui pembelajaran ini, murid diharapkan mampu memahami konsep dasar penginderaan jauh, mengidentifikasi komponen Penginderaan Jauh dan jenis Citra Penginderaan Jauh.Selamat belajar dan Tuhan Yesus memberkati Pada awal lesson 2 ini, kamu akan menyimak video tentang konsep dasar Penginderaan jauh.
Simak dengan baik-baik ya!
Setelah menyimak video pembelajaran, sebutkan 4 komponen (dari 7 komponen) Penginderaan Jauh! Tuliskan jawaban kalian pada forum ini. Kamu juga dipersilakan untuk memberikan tanggapan maupun komentar terhadap jawaban temanmu melalui folder diskusi ini!
- Kamu akan bergabung dalam kelompok, setiap kelompok terdiri atas 4 orang dan tiap-tiap kelompok akan mengerjakan latihan Interpretasi Penginderaan Jauh. Berikut file soal yang akan dikerjakan.Semangat!
Setelah berdiskusi dan menjawab pertanyaan kelompok, silahkan submit hasil pengerjaan tugas kelompok kedalam folder berikut ini!
Untuk melihat seberapa jauh pemahaman kamu terkait dengan materi yang sudah kita pelajari hari ini, secara individual silakan menjawab beberapa pertanyaan berikut!
Selamat mengerjakan!
PEGETAHUAN DASAR SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS
Halo murid-murid terkasih....
Selamat datang pada Lesson 1 topik Bumiku BerubahPengetahuan Dasar Sistem Informasi Georafis. Melalui pembelajaran ini, murid diharapkan mampu memahami konsep dasar SIG, mengidentifikasi komponen SIG da tahapan Kerja SIG.
Selamat belajar dan Tuhan Yesus memberkati 😊
Selamat datang di lesson 1. awal kegiatan yang akan kamu lakukan sebelum masuk ke dalam pembelajaran yang lebih dalam adalah membaca artikel mengenai Pemanfaatan SIG untuk pemetaan persebaran kejadian Covid. Kemudian kamu akan menuliskan pendapat dalam forum diskusi.
Selamat membaca!
- Kumpulkan jawaban anda dengan menulis dalam forum diskusi berikut!
Setelah membaca artikel PDF 1 yang berjudul “Pemanfaatn SIG untuk Pemetaan SIG untuk Sebaran Covid-19”, silahkan jawab pertanyaan berikut!
- Jelaskan bagaimana mengetahui persebaran virus lewat SIG ?
- Apa tantangan SIG dengan menggunakan Data temporal Besar?
Kita akan melanjutkan pembelajaran kita dan kamu akan menyimak video konsep dasar SIG berikut ini!
Dalam akhir video ada kuis yang harus dijawab oleh murid sebelum melanjutkan ke dalam topik selanjutnya
Setelah menyimak video sebelumnya, secara individu kamu akan menjawab pertanyaan berikut ini!
software yang mendukung program SIG dan
hasil akhir dari tahap KELUARAN berupa apa saja